Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung

Main Article Content

Meita Dwi Solviana

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak besar pada berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan juga ikut merasakan dampaknya. Pendidik harus memastikan kegiatan pembelajaran tetap berjalan, meskipun peserta didik berada di rumah. Solusinya, pendidik dituntut mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online) salah satunya yang memiliki fitur gamifikasi daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pemanfaatan teknologi pendidikan dengan menggunakan aplikasi yang memiliki fitur gamifikasi daring pada masa pandemi COVID-19 di Universitas Muhammadiyah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari angket, yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat diketahui bahwa dari aspek: (1) persepsi penerapan penggunaan fitur gamifikasi daring; (2) proses pembelajaran tidak membosankan; (3) peningkatan motivasi pembelajaran; (4) kebermanfaatan dalam proses pembelajaran; dan (5) keefektifan dalam proses pembelajaran dengan penggunaan fitur gamifikasi secara keseluruhan berkriteria baik dengan persentase sebesar 69%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan fitur gamifikasi daring, memberikan alternatif untuk membuat proses pembelajaran lebih menarik, menyenangkan, meningkatkan motivasi, lebih bermanfaat dan efektif apalagi pada masa pandemi COVID-19 ini.

Article Details

How to Cite
SOLVIANA, Meita Dwi. Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-14, june 2020. ISSN 2722-5275. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz/article/view/2082>. Date accessed: 26 jan. 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.