MEDIA DAKWAH TIKTOK UNTUK GENERASI Z

Authors

  • Robby Aditya Putra Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Exsan Adde UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Maulida Fitri Institut Agama Islam (IAI) Tulang Bawang

DOI:

https://doi.org/10.32332/ath-thariq.v7i1.6410

Keywords:

Dakwah, Tiktok, Generasi Z

Abstract

Era digital merupakan zaman dimana pengguna media sosial dapat mengakses segala sesuatu dengan cepat, akses cepat ini disebut dengan virality, faktor ini memaksa para da'i menggunakan media sosial sebagai alat untuk menyampaikan dakwahnya sendiri, media tersebut terupdate dan dapat diakses serta efektif dibandingkan ke sarana propaganda lainnya. Aplikasi Tiktok atau yang lebih dikenal dengan Douysin, secara harfiah berasal dari Cina, dan diluncurkan pada bulan September 2016 oleh Zhang Yiming. Aplikasi Tiktok adalah platform video pendek yang dibuat dengan durasi sampai 10 menit yang berisi sosial dan didukung musik. Dengan memaksimalkan sarana komunikasi untuk berdakwah, lebih banyak orang akan menyebarkan pesan dakwah lebih cepat. Selain itu, pesan dakwah yang dikirim lebih cepat diterima. Selain karena banyak orang lebih memilih perangkat berteknologi tinggi seperti smartphone, yang membuat dakwah dengan media menjadi lebih menarik. Dapat dikatakan bahwa Tiktok merupakan alat dakwah yang efektif jika digunakan dengan benar sesuai syariat Islam. Secara keseluruhan, dakwah Tik Tok adalah dakwah milenial yang mampu menciptakan dakwah inovatif yang mampu menarik perhatian followers untuk dibagikan di media sosial.

References

Aderosdiana Dan Nurnazmi, Dampak Aplikasi Tiktok Dalam Proses Sosial Di Kalangan Remaja Kelurahan Rabadompu Timurkecamatan Raba Kota Bima, Jurnal Pendidikan Sosiologi, Volume 4 Nomor 1 Juni 2021

Ajeng, Diah. 2020: “Memahami Generasi Z Melalui Etnografi Virtual”. Researchgate. 12 Juli 2020
Bate’e, Maria Mag
dalena, Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli, Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 2 No 2, Juni 2019
Bimantara, Yoga Satya, Analisis Isi Pesan Dakwah Melalui Media Tiktok Pada Akun @Sinarkehidupan_16, Skripsi: Universitas Islam Negeri Fatmawatisukarno Bengkulu, 2022

Christiani, Lintang Citra Dan Prinisia Nurul Ikasari, Generasi Z Dan Pemeliharaan Relasi Antar Generasi Dalam Perspektif Budaya Jawa, Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, Vol 4, No 2, 2020
Hastini, Lasti Yossi,Dkk, Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi Dapatmeningkatkan Literasi Manusia Pada Generasi Zdi Indonesia, Jurnal Jamika Manajemen Informatika, Volume 10 Nomor 1 Edisi April, 2020
Departemen Agama Republik Indonesia
Nelson, “ Manajemen Dakwah”, Lp2 Stain Curup, 2010
Nelson Dan Hariya Toni, “ Ilmu Dakwah”,Lp2 Stain Curup, 2013
Pujiono, Andrias, Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z, Journal Of Christian Education, Vol. 2, No. 1, 2021
Putra, Robby Aditya, Dampak Film Para Pencari Tuhan Jilid X Terhadap Religiusitas Remaja, Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, Vol.3, No 1, 2018

Wibowo, Adi, Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam Di Era Digital, Jurnal Islam Nusanttara, Vol. 03 No. 02, Juli - Desember 2019.

Downloads

Published

2023-07-04

Issue

Section

Articles