HUBUNGAN TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF ORANG TUA KEPADA ANAK DENGAN KECERDASAR EMOSIONAL

Authors

  • Aliyandi A. Lumbu Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Rahmah Dwi Nopryana Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v6i1.4436

Abstract

Teknik persuafif yaitu cara yang digunakan oleh orang tua dalam menyampaikan pesan kepada anak, di mana isi pernyataan atau pesan yang disampaikan disertai dengan bujukan. Sedangkan teknik komunikasi coersif adalah cara yang digunakan oleh orang tua dalam menyampaikan pesan kepada anak, di mana isi pernyataan atau pesan yang disampikan dierrai dengn ancaman, paksaan atay tekanan-tekanan. Menuurut Setiadarma, apabila teknik komunikasi yang digunakan oleh orang tua cenderung bersifat kasar, kurang mendidik, dan cenderung mengndung nilai negatif, maka anak-anak pun akan cendrung tumbuh dengan bentuk kepibadian kurang terpelajar serta memiliki persepsi negatif pula terhadap lingkungan sosial bahkan terhadap dirinya sendiri. Pada penelitian ini menggunakana metode penelitian teknik komunikasi persuasif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka, kuisioner, dan observasi. Hasil penelitian ini Setiap keluarga memiliki aturan yang berbeda dalam mendidik anak titik dan dalam penelitian ini, terdapat tiga poin utama berkaitan dengan aspek aturan yang diterapkan dalam keluarga yang berpengaruh pada penggunaan teknik komunikasi persuasif orang tua, yakni aturan bersifat fleksibel anak diberi kebebasan untuk mengungkapkan pendapatnya, serta orang tua lebih bersifat otoritatif.

References

Ali, Moh dan Asrori, Moh. 2014. Psikologi Remaja. Alumni Aksara, Jakarta.
Abidin Syahrul, Model Komunikasi Interpersonal Orangtua terhadap Anak Remaja, Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) Vol. 1, No. 3, April 2019: 189-196.
Bandura. 2015. Psikologi Remaja. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Enung Asmaya, Prinsip Melatih Kecerdasan Emosi Anak, Jurnal Komunikasi dan Dakwah (Komunika Vol.4 No.2 Juni-Desember 2021 pp.314-328
Djamaluddin, Dedy. 2018. Komunikasi Persuasif. Remaja Rosda Karya Jakarta
Bandung,Effendi, Onong Uchyana. 2017. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek RemajaRosda Karya. Bandung Effendi, Onong Uchyana. 2016. Dinamika Komunikasi.
Fuad Muskinul, Teori Kecerdasan, Pendidikan Anak, Dan Komunikasi Dalam Keluarga, Jurnal Komunikasi dan Dakwah (Komunika Vol.4 No.2 Juni-Desember 2015 pp.314-328 .
Erfianti, Dessy. 2015. "Hubungan Persepsi Terhadap Suasana Kommunikasi Keluarga dengan Kecerdasan Emosi Pada Remaja Akhir". Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Lampung. Bandar Lampung
Goleman, Daniel. 2018. Kecerdasan Emosional. Gramedia Pustaka Utama.
Gunarsa, D. Singgih. 2018. Psikologi Remaja. BPK Gunung Mulia, Jakarta Mulyono, Bambang. 2016. Pendekatan Ang/sis Kenakalan Remaja dan
Penanggulangannya. Kanasius. Yogyakarta
Nawawi, Hadari, dan Mimi Martini. 2016. Penelitian Terapan. UGM
Press,Yogyakarta
Rakhmat, Jalaluddin. 2015. Melode Penelitian Kornunikasi Remaja Karya
Offset.Bandung
Rachmawati Arista, Thatit Nurmawati, Hubungan Pola Asuh Dengan Kecerdasan Emosional Anak Usia Sekolah, Jurnal Ners dan Kebidanan, Volume 1, No. 1, Maret 2014 DOI: 10.26699/jnk.v1i1.ART.p007-012,
Siahaan. 2015. Komunikasi Pemahaman dan Penerapannya. BPK Gunung Mulia.
Jakarta,Singarimbun Masri dan Effendi, 2014 Metode Penelitian Survei LP3S. Jakarta Ilmu Sosial dan Politik Universitas Lampung, Bandar Lampung Goleman,
Daniel. 2018, Kecerdasan Emosional. Gramedia Pustaka Utara, Jakarta
Gunarsa, D. Singgih 2015. Psikologi Remaja. BPK Gunung Mulia. Jakarta
Mulyono, Bambang. 2017. Pendekatan Ang/sis Kenakalan Remaja dan Penanggulangannya, Kanasius. Yogyakarta.
Nawawi, Hadari, dan Mimi Martini. 2016. Penelitian Terapan UGM
Press,Yogyakarta
Rakhmat, Jalaluddin. 2015. Metode Penelitian Komunikasi. Remaja Karya
Offset.Bandung,
Sarwono, Sarlito W. 2014. Psikologi Remaja PT Raja Grafindo Persada Jakarta.
SatiŠ°darina, P. Monty. 2013. Dampak Pygmalion dalam Keluarga PustakaPopuler
Obor. Jakarta.
Sendjaja Djuarsa S 2019. Teori Komunikasi. Universitas Terbuka, Jakarta,
Shapiro, E. Lawrence. 2014. Mengakarkan Emotional Intelligence pada Anak
Gramedia. Jukarta.

Downloads

Published

2022-07-12

Issue

Section

Articles