Persepsi Masyarakat Pragaan Tentang Eksistensi Radio Rasda Fm.

Authors

  • Syaif Uddin Ali UIN Sunan Ampel, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v5i1.2966

Keywords:

Radio, Eksistensi, Dakwah

Abstract

Bagi stasiun radio, pendengar adalah target utama dalam menjaga eksistensi, radio sebagai media massa adalah sarana untuk menyampaikan pesan yang ditujukan pada massa atau khalayak luas. Semakin banyaknya pendengar, maka eksistensi atas radio semakin diakui oleh masyarakat. Radio harus berusaha menyajikan yang sesuai dengan minat masyarakat sehingga masyarakat tertarik mendengarkan siarannya. Radio Rasda FM menyajikan Dakwah sebagai program unggulan, sehingga bukan hanya menyampaikan informasi, hiburan, juga terdapat kajian keilmuan keagamaan yang diprogramkan oleh Rasda FM.

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Persepsi Masyarakat Pragaan tentang Eksistensi radio Rasda FM. Yang dijabarkan dalam satu fokus penelitian yaitu, bagaimana persepsi masyarakat Pragaan tentang eksistensi radio Rasda FM.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang eksistensinya yang ditanggapi masyarakat Pragaan, maka peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif lapangan. Adapun metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari metode ini, kemudian peneliti olah dan analisis untuk memperoleh data atau informasi. Subjek penelitian ini didiambil dari Masyarakat Pragaan, karyawan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan dan kariawan radio Rasda FM. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara dengan triangulasi antar metode yaitu membandingkan keadaan dan perspektif seseorang dengan berbagai pendapat dari para pendengar.

Adapun hasil dari penelitian ini sebagian masyarakat Pragaan masih mendengarkan radio Rasda FM sehingga radio Rasda FM masih eksis di kalangan masyarakat Pragaan. Eksistensi radio Rasda FM ditanggapi dengan positif oleh mereka, karena Rasda FM mencanangkan program dakwah sebagai siaran unggulan sehinga masyarakat bisa menyerap ilmu keagamaan meski di tengah ksibukan aktivitasnya. Akan tetapi terdapat beberapa kekurangan dari radio Rasda FM diantaranya: Pertama. Program acara tenhenti akibat pemadaman listrik. Kedua. Ketidakprofesionalnya penyiar. Ketiga kurang konsisten dalam menyelenggrakan program acara.

References

Ardial, Paradigma dan model Penelitian komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2014
Ali aziz Moh, ilmu dakwah, Jakarta: kencana 2009.
Asep Samsul, M. Romli, Broadcast Journalism, Bandung: NUANSA, 2010.
Arikunto, Suharsimi, Metode Penelitian Kualitatif Lapangan, Jakarta: Rineka Citra, 2012.
AS, Enjang, dan Aliyuddin, Dasar-dasar ilmu Dakwah, bandung: widaya Padjadjaran, 2009.
Djamhuri, Proses Pengumpulan Data Lapangan, Bandung: 1997.
Hamka, Prinsip dan Kebijaksaan Dakwah Islam, Depok: Gema Insani, 2018.
M. Ramli, Asep Syamsul, Broadcasting Jurnalism, Bandung: Nuansa, 2010.
Mahaputra, Dedy Chandra, Persepsi Pendengar Terhadap Program Radio, Studi Deskritif kualitatif Persepsi Pendengar Terhadap Program Buletin Lintas Pagi LPP RRI Surakarta Periode Juni 2011, Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2016.
Minan, Ihdal, Preferensi Masyarakat Terhadap Program Tambenah Ate, (Skripsi S1 Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan, 2014.
Meleong, Lexy J, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung, Rosdakarya, 2007.
Nofiawaty, Hubungan Antara Faktor Penduduk Setempat Terhadap Kecenderungan Preferensinya, jurnal universitas Brawijaya.
Nasor M, Optimalisasi Fungsi Radio Sebagai Media Dakwah,( al-Adyan, vol XII no. 1 Januari 2017)
Soerjono Soekanto, Sosiologi suatu pengantar, Jakarta: Kharisma Putra Utama, 2012.
Taufiqurrahman, M., Dakwah Sebagai Perekat Ukhuwah Islamiyah studi atas Metode Dakwah KH. Muhammad Basthami Tibyan. M.Pd.I Dalam Program Majlis Ta’lim Dakwah Senja Di Radio Rasda FM, Skripsi S1 Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan, 2018.
Wibowo, Fred, Tehnik Produksi Program Radio, Yogyakarta, Grasia Book Publisher, 2012.
Warkat Warta Singkat 2018.
KBBI ofline. V 3.0.0.

Downloads

Published

2021-08-10

Issue

Section

Articles