PETA KEMUNCULAN PEMIKIRAN MODERN DALAM ISLAM

Authors

  • Gunawan Gunawan

DOI:

https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v3i1.1379

Keywords:

Pemikiran, Modernisasi Islam

Abstract

Pemakaian kata modern (dari bahasa Inggris), modernisme atau modernisasi selama ini sudah sangat populer dan semua kalangan terdidik atau intelektual nampaknya sudah paham tentang makna peristilahan dimaksud. Ungkapan kata itu akan mengait pada makna-makna tertentu yang bisa sama tetapi bisa juga berbeda sesuai aksentuasi (penekanan) masalah, tujuan dan asumsi peristilahan yang digunakan terutama dalam pengambilan istilah tersebut. Sedangkan modern dalam peristilahan Arab dikenal dengan tajdid yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah pembaruan.

Konteks pemikiran modern dalam Islam, merupakan suatu wacana yang mengawali perubahan mendasar bagi Islam sebagai suatu nilai ajaran dan umatnya sebagai pembuat arus perubahan tersebut. Modernisme dalam khazanah masyarakat Barat mengandung makna pikiran, aliran, gerakan dan usaha untuk mengubah paham-paham, adat istiadat, institusi- institusi lama dan sebagainya untuk disesuaikan dengan suasana baru yang ditimbulkan oleh kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Modern

Nilai- nilai modernisasi Islam mempunyai  pengurus besar dalam kehidupan umat islam sehingga akibat gerakan pembaharuan yang di cetuskan dan di perjuangkan oleh pembaharuan tersirat di kalangan Negara-negara Islam, maka timbulah rasa kesadaran bagi umat Islam untuk mengikuti gerakan pembaharuan tersebut. Sehingga membuat suatu kebangkitan dunia Islam baik  dalam bidang  IPTEK, Pendidikan Politik, sekaligus tumbuh gerakan menentang penjajahan.

References

Abdul Sani, Lintasan Sejarah Pemikiran Perkembangan Modern dalam Islam, Cet. Ke I, PT. Rajagrafindo, Jakarta, 1998.

A. Munir dan Sudarsono, Aliran Modern dalam Islam, Rineka Cipta, Jakarta, 1994.

Deliar Noer, Refleksi Pembaharuan Pemikiran Islam 70 Tahun Harun Nasution, Cet. Ke I, Guna Aksara, Jakarta, 1989.

Harun Nasution, Islam Rasional, Cet. Ke I, Mizan, Bandung, 1995.

--------------------, Pembaharuan dalam Islam Sejarah dan Gerakan, Cet. Ke I, Bulan Bintang, Jakarta, 1975.

Muhammad Al Bahiy, Pemikiran Islam Modern, Terj. Su`adi Sa`ad, Cet. Ke I,Pustaka Panjimas, Jakarta, 1986.

Shamad Hamid, Islam dan Pembaruan Sebuah Kajian Tentang Aliran Modern dalam Islam dan Permasalahanya, Cet. Ke I, Bina Ilmu, Surabaya, 1984.

Tim Penyusun, Ensiklopedia Islam Indonesia, Jembatan, Jakarta, t.t.

Downloads

Published

2019-08-02

Issue

Section

Articles