Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Insan Mulia Batanghari

Authors

  • Defiani Defiani Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i02.1684

Keywords:

Problematika; Bahasa Arab; SMP IT

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab khususnya di SMP IT Insan Mulia Batanghari, khususnya kelas VIII Ar Rasyid ditunjukkan agar siswa mampu menguasai bahasa Arab secara teori dan praktik untuk berkomunikasi, berinteraksi sosial, dan menambah khazanah keilmuan untuk memperdalam ilmu pengetahuan tentang kebahasaan sebagai alat komunikasi. Namun demikian, sesuai pengamatan awal di kelas VIII Ar- Rasyid, pembelajaran bahasa Arab tidak luput dari problema. Dalam proses pembelajaran bahasa  Arab masih saja membosankan, dan menakutkan bagi peserta didik. Bahwa ada yang berasumsi bahwa bahasa Arab secarab fungsional kurang penting, lain halnya dengan bahasa Inggris. Hal diatas kemudian menjadi problem dalam pembelajaran bahasa Arab, dimana peserta didik menjadi enggan mempelajari bahasa Arab dan akan berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII Ar- Rasyid SMP IT Insan Mulia Batanghari sudah dilakukan secara optimal, namun dilihat dari hasil nilai pembelajaran bahasa Arab yang didapatkan masih dibawah standar belajar minimal, dengan melihat masalah tersebut peneliti mencoba untuk mencari solusi sehingga hasil pembelajaran sesuai dengan harapan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akla, Akla. “Pembelajaran Bahasa Arab Antara Harapan Dan Kenyataan (Survey Di Madrasah Kota Metro Tahun 2017).” An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab 19, no. 2 (2017). https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.998.
Daradjat, Zakiah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Eko, Ganjar. Wawancara dengan guru bahasa Arab SMP IT Insan Mulia Batanghari Lampung Timur, 11 Januari 2019.
Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora, 2011.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya, 2009.
Mulyono. Wawancara dengan Mudir Pondok SMP IT Insan Mulia Batanghari Lampung Timur, 11 Januari 2019.
Nuha, Ulin. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press, 2012.
Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2010.
Rosyidi, Wahab, dan Mamlu’atul Ni’mah. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press, 2012.
Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2013.
Sardiman. Interaksi Motivasi dan Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Ghafindo Persada, 2012.
Sumardi, Muljanto. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi/ IAIN. Jakarta: Proyek Pengembangan Sistem Pendidikan Agama, 1974.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Waluyo, Agus. Wawancara dengan Kepala Sekolah SMP IT Insan Mulia Batanghari Lampung Timur, 10 Januari 2019.

Downloads

Published

31-12-2019

How to Cite

Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Insan Mulia Batanghari. (2019). An Nabighoh, 21(02), 215-226. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i02.1684