Menulis Terstruktur Sebagai Urgensi Pembelajaran Maharah Al-Kitabah

Authors

  • Juhaeti Yusuf Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Ahmad Zaki Alhafidz Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Muhammad Fahmi Luthfi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i02.1683

Keywords:

Maharah Al-Kitabah; Metode Pengajaran; Menulis Terstruktur

Abstract

Kitabah atau menulis adalah aktivitas yang berupa suatu kegiatan yang dilakukan hanya dengan menggerakkan tangan dan alat tulis sebagai ekspresi yang sangat berbeda dengan keadaan komunikasi lisan tanpa adanya suara, nada, dan mimik. Menulis adalah suatu kegiatan yang tercipta dari kebiasaan yang menjadikan suatu keterampilan berbahasa yang tidak mudah, karena seorang penulis harus mempunyai skill dan pengetahuan tentang kaidah-kaidah penulisan sesuai dengan kaidah yang ada dalam ilmu bahasa Arab, cara berkomunikasi melalui tulisan tulisan yang mudah dipahami oleh pembaca serta kaidah-kaidah seni tata bahasa untuk menambah nilai estetika di dalam karya tulis dan menambah ketertarikan pembaca. Menulis terstruktur (Al Insya’ Al-Muwajjah) merupakan metode pengajaran dengan cara memerintahkan anak didik untuk membuat suatu kalimat sempurna ataupun karangan dengan beberapa arahan dan ketentuan dari pengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Khuli, Muhammad Ali. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Bagan Publishing, 2010.
Fachrurrozi, Aziz, dan Erta Mahyuddin. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Pustaka Cendekia Utama, 2011.
Fakhrurrozi, Aziz, dan Erta Mahyudin. Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, 2012.
Kamal, Helmi. “Maharah Al-Kitabah Wa Thariqah Ta’limiha.” Ulul Albab 12, no. 2 (2010): 60.
Kuraedah, Sitti. “Aplikasi Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-Ta’dib 8, no. 2 (2015): 82–98. https://doi.org/10.31332/atdb.v8i2.412.
Munir. Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab. Jakarta: Kencana, 2017.
Novi, Anisa. “Efektivitas Metode Insya’ Muwajjah dalam Meningkatkan Maharah Kitabah.” Skripsi, STAIN Kudus, 2017.
Wijaya, Ida Suryani, dan Luluk Humairo Pimada. “Ta’lim al-Imla’ bi Al-Wasit al-Muta’addidah li Tarqiyyah Maharah al-Kitabah fi al-Lughah al-‘Arabiyyah.” Jurnal Al-Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 11, no. 2 (2019): 320–39. https://doi.org/10.24042/albayan.v11i2.5266.
Yunus, Mohamad. Keterampilan Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka, 2014.

Downloads

Published

31-12-2019

How to Cite

Menulis Terstruktur Sebagai Urgensi Pembelajaran Maharah Al-Kitabah. (2019). An Nabighoh, 21(02), 203-214. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i02.1683