DISRUPSI DIGITAL MARKETING SYARIAH: STUDI KASUS INOVATIF PROMOSI SKINCARE DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.32332/adzkiya.v13i1.9580Kata Kunci:
Disrupsi, Digital Marketing, Skincare, Era DigitalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana tren dan perubahan dalam industri skincare dipengaruhi oleh digital marketing. Metode penelitian yang digunakan yaitu Studi Kepustakaan (Library Research). Proses pengumpulan data dilakukan melalui survei terhadap buku, sumber informasi dari internet, dan artikel ilmiah sebelumnya yang relevan. Peneliti mengumpulkan data dengan menelusuri dan menganalisis sumber referensi yang tersedia, tanpa berinteraksi langsung dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disrupsi digital telah menggantikan sistem lama dengan teknologi yang lebih efisien, serta mengubah pola pemasaran dari tatap muka menjadi online. Transformasi ini berdampak signifikan terhadap peningkatan penggunaan internet dan media sosial di Indonesia, yang pada gilirannya juga mendorong minat berbelanja online. Dalam konteks pemasaran digital, brand skincare kerap memanfaatkan berbagai model promosi modern seperti kerjasama dengan influencer, pembuatan konten promosi yang menarik, dan penggunaan electronic word of mouth untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Strategi-strategi ini tidak hanya membantu dalam meningkatkan visibilitas produk, tetapi juga membangun hubungan yang lebih kuat dengan konsumen. Dalam menjalankan kampanye promosi, banyak brand skincare yang juga mengintegrasikan nilai-nilai keislaman. Nilai-nilai ini meliputi sincerity (ikhlas), honesty (kejujuran), meaningful (bermakna), dan accountability (bertanggung jawab). Integrasi nilai-nilai ini tidak hanya memperkuat kepercayaan konsumen, tetapi juga memastikan bahwa promosi yang dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip etika dan moral yang tinggi.
Referensi
Agency, E. D. dan D. (2024). Bagaimana pemasaran digital meningkatkan e-commerce dan industri merek. Eminence. https://eminence.ch/en/how-using-digital-marketing-can-help-your-beauty-brand-boost-its-sales/#gref
Aninditya, S., Setiadarma, A., & Irawatie, A. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Di Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc. Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 29(2), 154–162. https://doi.org/10.37817/ikon.v29i2.3471
Anisa, Risnawati, R., & Chamidah, N. (2022). Pengaruh Word of Mouth Mengenai Live Streaming Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2), 131–143. https://doi.org/10.47431/jkp.v1i2.230
Atmoko, D., & Septia Saputri, A. (2023). Tinjauan Yuridis Tanggung Jawab Influencer yang Melakukan Endorse Produk Skincare Mengandung Bahan Berbahaya bagi Masyarakat. Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 5772.
Ayuningtyas, F. N. (2022). Strategi Promosi Endorsement oleh Digital Influencer dalam Etika Bisnis Islam. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 4(3), 160–173. https://doi.org/10.26740/jekobi.v4n3.p160-173
Caniago, F. (2023). Etika Islam Dalam Bauran Promosi. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 17(1). https://doi.org/10.56244/jimia.v17i1.690
Chandrawasi, Putri, T. T., & Oktavia, L. (2025). Pengenalan Konsep Kewirausahaan Islami di Kalangan Santri: Pendekatam berbasis nilai-nilai syariah. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 161–167. https://doi.org/10.32493/dkp.v6i1.46483
Christensen, C. M. . (2013). Disruptive Innovation and Catalytically Disadvantaged Students. Journal of Engineering Education, 102(3).
Christi Natalia, K. S., Putri Rianto, S., & Benedectha Hutapea, V. (2024). Efektivitas Strategi Pemasaran Skincare the Originote Antara Live Streaming Dengan Konten Video Promosi Di Tiktok. Jurnal Multidisiplin Inovatif, 8(4), 2246–6110.
Clayton, C. (2015). The Big Idea: What is Disruption Innovations? Harvard Business School. http://www.claytonchristensen.com
Darwin, M., & Sefudin, A. (2020). Perbandingan Teori Disrupsi Pada Marketing Di Era Industri 4.0 Menurut Hermawan Kartajaya dan Rhenald Kasali. Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 25–39.
Ekasari, R., Denitri, F. D., Rodli, A. F., & Pramudipta, A. R. (2021). Analisis Dampak Disrupsi Pendidikan Era Revolusi Indsutri 4.0. Ecopreneur.12, 4(1), 110. https://doi.org/10.51804/econ12.v4i1.924
Hadiyat, Y. D. (2019). Disrupsi Digital dan Pariwisata di Toraja Digital Disruption and Tourism in Toraja. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi dan Informatika #3 Tahun, 2019, 168–178.
Hamidah, Afifudin, & Al Rasyid, H. (2022). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Promosi Produk (Studi Kasus Proyek POWER CRISPY Studi Independen Bersertifikat E-Commerce Batch 2). Islamic Economic and Finance Journal, 3(2), 424–432.
Hermanses, B., & Roswinanto, W. (2023). Optimalisasi Strategi Promosi Digital di Era Digitalisasi: Sebuah Kajian Komprehensif pada PT Glamourix AFA Indonesia Skincare 2022-2023. Journal of Emerging Business Management and Entrepreneurship Studies, 3(2), 119–134. https://doi.org/10.34149/jebmes.v3i2.137
Iswanto, J., Syaiful Musthofa, M., & Rahayu, B. P. (2023). Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Penjualan Di Era Disrupsi Menurut Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Dapur Onah Donat dan Cake Di Desa. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 10(2), 168–177. http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/es/index
Jabat, D. E. B., & Pasaribu, H. H. S. (2023). Disrupsi Digitalisasi. SKYLANDSEA PROFESIONAL Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi, 3(2), 110–112. https://www.gramedia.com/best-
Kamila Putri, A., & Aghniarahma Junia, A. (2023). Pengaruh Live Streaming Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Skintific Melalui Tiktokshop). Annisa Aghniarahma Junia INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 8238–8248.
Khoerunnisa, Ri’aeni, I., & Suhara, R. B. (2021). Penggunaan Media Digital Marketing Sebagai Media Promosi Pada Akun @hijup.com (Studi Etnografi Virtual Pada Akun Instargam @hijup.com). Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan, 4(1), 30–44.
Lailita, A., & Setianingrum, R. B. (2024). Pertanggungjawaban Influencer terhadap Promosi Produk Melalui Media Sosial. Lex Jurnalica, 21(2), 171–178.
Lesmana, A. S. (2023). Dinamika Persaingan di Era Digital : Strategi Manajemen untuk Menghadapi Disrupsi Bagi Mahasiswa STIE Ganesha. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen (EBISMEN), 2(3), 201–212. https://doi.org/https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i3.1284
Marlina, H., Raspita, D., Novrianto, M., & Bidari, C. D. (2025). Perlindungan Hukum bagi Konsumen atas Overclaim Produk Skincare di Platform E-Commerce Legal Protection for Consumers Against Overclaim of Skincare Products on E-Commerce Platforms. Marwah Hukum, 3(1), 10–23.
MTarget. (2024). Eksplorasi Tren Digital Marketing Paling Inovatif di 2024. MTarget. https://mtarget.co/blog/tren-digital-marketing-2024/
Muhtar. (2024). Mengenal Digital Marketing dan Jenis-Jenisnya. uici.ac.id. https://uici.ac.id/mangenal-digital-marketing-dan-jenis-jenisnya/
Nada, I. W. (2021). Kompetensi Pustakawan di Era Disrupsi Digital. Msip, 1(1), 59–65.
Nasih, M., Susanto, O. M., Fanshury, A. R., & Hermawan, S. (2020). Influencer dan Strategi Penjualan: Studi Netnografi pada Pengguna Jasa Selebgram sebagai Media Promosi. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(2), 135–144. https://doi.org/10.23917/benefit.v5i2.11305
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 194–199.
Novita, D., Astuti, L. S., Anggraini, F., & Lestari, P. (2020). Pengaruh Promosi Menggunakan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Be Glow Skincare. Seminar Nasional Riset dan Teknologi (SEMNAS RISTEK) 2020, 161–165.
Nst, M. A. B. W., Syam, M. A., Luthfi, R. Z., Abdi, F. A., Tambak, S., & Sulindawaty. (2025). Analisis Peran dan Tantangan Penggunaan Blockchain untuk Meningkatkan Pertumbuhan Penjualan dan Kepercayaan Konsumen di E-Commerce. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 12(1), 79–84.
Nuraini, K. D., & Putra, F. I. F. S. (2024). Mengapa Para Netizen Memutuskan Pembelian pada Produk Skincare Somethinc? Pengaruh Influencer , Live Streaming dan Program Flash Sale. Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 4(1), 26–37.
Nurasmi, & Andriana, A. N. (2024). Pengaruh Peran Beauty Vlogger, Electronic Word of Mouth (E-WOM), dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific di Samarinda. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 4901–4920.
Nurimani, G. S., & Rachmawati, I. (2022). Strategi Promosi di Media Sosial dalam Menarik Minat Beli Produk Pakaian. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 2(1), 54–58. https://doi.org/10.29313/jrmk.v2i1.1007
Prihatin, E., Ahmad, A., & Syahnur, M. H. (2023). Niat Beli Produk Kosmetik yang Dipengaruhi Promosi Media Sosial dan Electronic Word of Mouth (E-WoM). Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 6(1), 1100–1110.
Rafki, M., Parakkasi, I., & Sirajuddin, S. (2022). Peran Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Kepercayaan dan Repeat Order Konsumen. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(2), 121. https://doi.org/10.47700/jiefes.v3i2.4868
Rahmayanti, S., & Dermawan, R. (2023). Pengaruh Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Surabaya. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 337–344. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.2451
Ratna Skawanti, J., & Sungkar, F. A. (2023). Pengaruh Instagram Marketing Dengan Model Aida Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran Daiji Raamen Bogor. Bogor Hospitality Journal, 7(1), 33–44. https://doi.org/10.55882/bhj.v7i1.73
Riskawati. (2020). Peran Organisasi Profesi Keguruan Untuk Melakukan Penguatan Kompetensi Guru Ppkn Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Disrupsi. 1–13.
Rizki, D. (2024). Dampak Era Digital terhadap Perlindungan Konsumen dalam Perpektif Hukum Ekonomi Syariah. Jurnal AL-MAQASID: Jurnal Ilmu Kesyariahan dan Keperdataan, 10(2), 246–261.
Rizki, T., Ofifah, N., Kresnamurti Rivai P, A., & Krissanya, N. (2023). Efektivitas Promosi Produk Chatime Melalui Instagram Menggunakan Model AIDA. Journal of Business Application | Mei, 2(Katadata 2022), 127–140.
Soesanto, E., Saputra, F., Sari, D. P., & Dabnaya, B. P. (2023). Analisis Sistem Manajemen Sekuriti: K3 dan Beban Kerja di PT. XYZ. Jurnal Riset dan Inovasi Manajemen, 1(2), 139–150.
Syakoer, M., Yujana, L. H., & Nugroho, K. (2022). Daya Tahan UMKM di Era Tatanan Baru dan Disrupsi Digital Jawa Tengah. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 5(2), 251–264. https://doi.org/10.23960/e3j/v5i2.251-264
Widnyani, N. M., & Astitiani, N. L. P. S. (2023). Pengaruh Disrupsi Digital Menggunakan Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Umkm di Kota Denpasar. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 158–163. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v11i1.54492
Zulfa, N. Q., Zabidi, H., & Ma’mun, M. Y. (2021). Konten Kreatif Youtube Sebagai Sumber Penghasilan Ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Musyarakah: Journal of Sharia Economic (MJSE), 1(2), 110–120. https://doi.org/10.24269/mjse.v1i2.4593
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2017 Lisa Anggryani, Surya Karmila Sari, Hasminiar, Muhammad Fakhri Amir, Kamiruddin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.