Pendampingan Ekonomi Inklusif Berbasis Digital Marketing Melalui Plasma Syariah

Authors

  • Dliyaul Haq IAIN Metro
  • Upia Rosmalinda IAIN Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/adzkiya.v12i1.7927

Keywords:

Ekonomi Inklusi, Digital Marketing, Plasma Syariah

Abstract

Konteks ekonomi inklusif di Kelompok Wanita Tani mulai tergerus, dimana anggota tidak mendapatkan pekerjaan yang layak, dan kekurangan modal (memberi kesempatan pekerjaan tanpa membedakan wanita maupun lelaki, yang merupakan pilar ekonomi inklusif), serta keterbatasan pemasaran. Jenis penelitian menggunakan lapangan sedangkan sifat penelitiannya deskriptif kualitatif, dengan Strategi PAR. Penerapan pendampingan ekonomi inklusif kurang berjalan dikarenakan anggota yang belum mendapatkan akses ekonomi baik dari lembaga keuangan maupun pemerintah setempat, dan diperparah dengan anggota dikategorikan miskin dan janda. Dan, kurangnya kesadaran menggunakan sistem tanam modern, hal ini terlihat dari peneliti mencoba memberikan pendampingan selama dua hari memberikan pemahaman memanfaatkan digital marketing dalam meningkatkan penjualan serta branding diri tentang KWT yang pernah menjadi obyek wisata sayuran, hingga ke tingkat nasional akan tetapi semuanya membutuhkan modal dan hanya dua orang anggota KWT yang berminat untuk melakukan pemasaran menggunakan digital marketing. Mengenai upaya untuk meningkatkan penjualan melalui digital marketing masih kurang efektif, dilihat dari pertama, kurang kepedulian dari pemerintah, dan malasnya para anggota untuk memperkenalkan diri, dan hanya dua anggota yang menerapkan pemasaran secara digital marketing. Kedua, tidak maunya menambah modal, maupun belajar menggunakan media sosial untuk memasarkan produk, dan keterbatasan  pengetahuan. Ketiga, mengalami kemunduran setelah tidak mendapatkan bantuan. Keempat, sebagian anggota terkadang tidak mendapatkan keuntungan

References

Akh. Minhaji, Strategies For Social Research (The Methodological Imagination In Islamic Studies), Cet. I, (Yogyakarta: Sunan Kaligaja Press: 2009).
Andy Prasetyo Wati, dkk, Digital Marketing, Cet.I, (Malang: PT. Literindo Berkah Karya: 2020).
Arwin Sanjaya, dkk, (2021), Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19, Kalimantan Timur, Vol. 3, Jurnal Plakat Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat.
Darwin, (2018), Umkm dalam Perspektif Pembiayaan Inklusif di Indonesia, Jakarta, Vol 26, Jurnal Ekonomi dan Pembangunan.
Didik Kusno Aji Nugroho, Disertasi Analisis Hukum Binsis Islam Dalam Praktik Kemitraan PT. Central Pertiwi Bahari dan Petambak Plasma Di Tulang Bawang Lampung, (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2020).
Dimyati Huda, Rethinking Peran Perempuan dan Keadilan Gender, (Bandung: CV Cendekia Press, 2020), Cet.1.
Diska Arliena Hafni, dkk, (2019), Aksesibilitas Permodalan Perbankan Bagi Wirausahawan Difabel Di D.I Yogyakarta Untuk Mewujudkan Ekonomi Inklusi, Vol. XVII, Jurnal Ilmiah Akuntansi, (pp. 1-12).
Gita Sagita, dkk, (2022) Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07, Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, (pp.1-8), Banjarmasin, Ebismen.
Gunawan Sumodinigrat, Pemberdayaan Sosial (Jakarta:Kompas, 2007).
Halmasiska, dkk, (2021), Tanggung Jawab Perjanjian Kemitraan PT Karya Semangat Mandiri Dengan Peternak Plasma Di Kecamatan Indrapuri, Jurnal Ar-raniry, (pp. 1-24), Banda Aceh.
https://www.bps.go.id/indicator/6/1177/1/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-jenis-kelamin.html.
Imma Rokhmatul Aysa, (2021), Tantangan Transformasi Digital Bagi Kemajuan Perekonomian Indonesia, Jurnal At-Tamwil, Kediri, vo.3.
Ivonne Ayesha, dkk, Digital Marketing (Tinjauan Konseptual), (Sumatera Barat, PT. Global Eksekutif Teknologi, 2022)
Jainal Simanjuntak, dkk, (2022) Edukasi Digital Marketing Dalam Uapaya Meningkatkan Pendapatan UMKM Desa Lembak Kabupaten Muara Enim. Jurnal Dikemas (Pengabdian Kepada Masyarakat) (pp. 1-8), 2022, Palembang.
Khan, N., dkk., (2020). COVID-2019 and World Economy. Journal of Health Economics, SSRN Electronic Journal.https://doi.org/10.2139/ssrn.3566632
Khan Jaribah Al-Haritsi bin Ahmad. 2006. Fikih Ekonomi Umar bin Al-Khatab. Jakarta Timur
Khairul Anwar, dkk, (2017), Pengaruh Inklusi Keuangan Terhadap PDB Indonesia, Jurnal Ilmiah Mahasiswa, (pp 1-9), Banda Aceh.
Kholid Murtadlo, dkk, (2023), Ekonomi Digital dan Inklusi Keuangan Terhadap Pemulihan Ekonomi Nasional, Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, (pp 1-15), Pasuruan Jawa Timur.
Koentjaraningrat, ‘Metode Wawancara’, in Metode Penelitian Masyarakat, II (Jakarta: Gramedia, 1997).
Laundon KC dan Jane P. Laundon, (2019) Management Information Systems, (New Jersey:Prentice-Hall, Inc., tt)
Lexy, J. Moleong, Metodologi penelitian kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018).
McKinley, T. (2010, Juni). Inclusive Growth Criteria and Indicators: An Inclusive Growth Index for Diagnosis of Country Progress. ADB Sustainable Development Working Paper Series, 2. Manila, Philippines: Asian Development Bank
Muhammad Muslehuddin, Sistim Perbankan dalam Islam, (Jakarta: Rineka Cipta, 2014)
Nur Ocvanny Amir,dkk, (2019), Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Bunga Di desa Sidomulyo Kota Batu, Jurnal Ekonomi dan Agribisnis, JEPA, Malang, Vo.3, (pp 1-8).
Nuryakin, Manajeman Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen, Edisi 1, (Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2020).
Rivai, Veitzhal, Adrian Permata Veitzhal. 2008. Islamic Financial Management. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada)

Published

2024-05-23