Potret Perilaku Konsumen Terhadap Harga Handphone Di Pasar Mega Mall Kota Metro
Potret Perilaku Konsumen Terhadap Harga Handphone Di Pasar Mega Mall Kota Metro
DOI:
https://doi.org/10.32332/adzkiya.v8i1.2244Keywords:
Potret, Konsumsi, Permintaan, KemanfaatanAbstract
Potret konsumsi sebagai perkembangan peradaban manusia dapat memberikan dua sisi yang bertentangan baik dari sisi positif maupun negatif. Pertama, dari sisi positif, konsumsi akan barang akan bernilai positif bila dipergunakan berdasarkan pada kebutuhannya. Kedua, sisi negatif, bahwasanya konsumsi dapat menjadi pengaruh yang kurang baik terhadap masyarakat bila kepemilikan akan barang didasarkan pada trend (yang mana trend akan terus berubah mengikuttin perkembangan zaman. Disamping itu bila permintaan terhadap barang naik maka harga juga akan naik, begitu juga bila permintaan turun maka harga juga akan turun. Sedang yang mempengaruhi naik dan turunnya permintaan suatu barang adalah nilai kemanfaatan barang tersebut, bila manfaat barang tersebut naik maka permintaan terhadap barang itu juga akan naik, tapi bila manfaat barang tersebut turun maka permintaan terhadap barang itu juga akan turun) dan karena image semata, karena Islam selalu mengajarkan bahwapemenuhan kebutuhan hendaknya didasarkan pada kebutuhan pokok, kemanfaattan dari barang tersebut, dan bukan karena image maupun trend semata.
References
Basu Swastha, Manajemen Pemasaran Modern (Yogyakarta : Liberty, 2005)
Boediono, Ekonomi Mikro, (Yogyakarta: BPFE, 1997)
Buchari Alma, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, (Bandung : CV. ALFABETA),tt
D. Cooper dan Schindler, Business Research Method, 9th edition, (New York: McGraw Hill. Inc., 2006)
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1989).
Dharmmesta, B.S., “Perilaku Beli Konsumen Era 90an dan Strategi Pemasaran”, Jakarta: Journal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol VIII, No. 1/April-Juni 2010.
Dudung Abdurrahman, Metodologi Penelitian agama: Pendekatan Multidisipliner, (Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga, 2006).
Engel, James, dkk, Perilaku Konsumen (Jakarta:Binarupa aksara, 1994).
Griffin, Ricky W. dan Ebert Ronald J, Bisnis, (Jakarta: Prenhallindo, 2003).
Heri Sudarsono, Konsep Ekonomi Islam-Suatu Pengantar, (Yogyakarta: Ekonsia, 2002)
Irawan Sehartono, Metode Penelitian Sosial, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1995).
M. Kasiram, Metodologi Penelitian Kuantitatif-Kualitatif (Malang: UIN Malang Press: 2006).
M.Umer Chapra, Masa Depan Ilmu Ekonomi-Sebuah Tinjauan Islam, (Jakarta: Gema Insani Press, 2001).
Minhaji, Strategies For Social Research (The Methodological Imagination In Islamic Studies), Cet. I, (Yogyakarta: Sunan Kaligaja Press: 2009)
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005).
Monzer Kahf, Economi Islam Telaah Analitik atas Persoalan Ekonomi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999).
Munrokhim Misanam, dkk, Ekonomi Islam, (Jakarta : PT RajaGrafindo Persada), 2009).
Nur Indrintoro, Metodologi Penelitian Bisnis:Untuk Akuntansi dan manajemen (Yogyakarta:BPFE, 2002).
Nurul Huda, dkk, Ekonomi Makro Islam Pendekatan Teoretis, (Jakarta : Kencana, 2009), hlm.230-231).
P3EI, Ekonomi Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009).
Rachmat Syafei, Fiqih Muamalah, (Bandung : Pustaka Setia, 2000).
S. Nasution, Metode Research (Penelitian Ilmiah), Cet. VII (Jakarta:Bumi Aksara, 2006).
Sadono Sukirno, Pengantar Teori Mikroekonomi, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000).
Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian, (Jakarta: Rineka Cipta, 1998).
Suharsimi Arikuto, Prosedur Penelitian Sutau Pendekatan Praktek (Jakarta:PT. Rineka Cipta, 1998).
Sutrisno Hadi, Metodologi Research 2 (Yogyakarta:Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM, 1984).
Taufik Hidayat, Panduan Praktis Mengoptimalkan Blackberry, (Mediakata, Jakarta selatan:2009)
https://shariaeconomics.wordpress.com, Agustianto, Mekanisme Pasar dalam Perspektif Ekonomi Islam, (26 Februari 2017).