Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak melalui Metode Read Aloud: Program Pengabdian Internasional di Malaysia

Authors

  • Uswatun Hasanah Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Azrin Ibrahim Universiti Sains Malaysia, Malaysia
  • Siti Nurjanah Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Much Deiniatur Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Endah Wulantina Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Nasrul Hakim Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Nurul Afifah Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Anisa Amalia Hazrah Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Rika Aprilia Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32332/b1496m14

Abstract

Metode read-aloud atau membaca nyaring menjadi praktik literasi yang sangat sederhana. Akan tetapi, metode read aloud dapat berdampak besar terhadap keterampilan membaca untuk anak-anak. Metode Pengabdian yang digunakan yaitu menggunakan strategi pendekatan PAR (Participatory Action Research). Pemberdayaan yang dimaksud  adalah  mahasiswa dan orang tua diharapkan  dapat  termotivasi  dalam  meningkatkan keterampilan membaca melalui metode read aloud. Metode pelaksanaan kegiatan  Pengabdian Kepada Masyarakat ini terdiri dari pelatihan dan pendampingan yang meliputi empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Dengan melakukan metode read-aloud kepada anak dapat mempercepat perkembangan cara berpikir mereka menjadi lebih cerdas dan kritis. Tim Pengabdian juga memfasilitasi kegiatan read-aloud untuk meningkatkan daya membaca dan kreativitas anak juga didapatkan melalui memberikan informasi aplikasi untuk kegiatan read aloud salah satunya membuka bacaan buku elektronik melalui aplikasi Let’s Read.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-08-2024

How to Cite

Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak melalui Metode Read Aloud: Program Pengabdian Internasional di Malaysia. (2024). DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 133-144. https://doi.org/10.32332/b1496m14

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2