SOSIALISASI POTRET RELASI GENDER PADA MASYARAKAT ULUN LAPPUNG

Authors

  • Nency Dela Oktora Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Hud Leo Perkasa
  • Doni Prasetyo
  • Nadya Alya Putri
  • Rega Mahdani

DOI:

https://doi.org/10.32332/d.v3i2.3385

Keywords:

KKG, Potret Relasi, Adat Ulun Lappung

Abstract

Sosialisasi ini membahas mengenai akar dari perbedaan pandangan  mengenai manifestasi perbedaan gender dalam potret relasi keluarga ulun lappung yang patriarkhis yang mendikotomikan peran antara laki-laki (suami) dan perempuan (isteri) dalam sebuah naungan rumahtangga, dimana suami adalah kepala keluarga (public) dan isteri adalah ibu rumah tangga (domestic). Manifestasi pola relasi keluarga yang dikotomis, mengakibatkan ketidakadilan dan ketidaksetaraan gender. Selain patriarkhis, hal lain yang mempengaruhi ketidakadilan dan ketidaksetaraan gender adalah lingkungan kehidupan masyarakat dengan interaksi sosial yang lebih kuat oleh ikatan-ikatan suku, agama, kekerabatan satu dengan yang lainnya memiliki sistem budaya yang masih sangat dominan. Struktur sosial yang ada masih sangat dipengaruhi oleh adat istiadat dan tradisi budaya yang diwariskan turun-temurun dan tentu saja mempengaruhi pikiran dan perilaku masyarakat.

Berdasarkan akar permasalahan tersebut, maka penulis melakukan kegiatan Sosialisasi Potret Relasi Gender Pada Masyarakat Ulun Lappung di Dusun Menur 1 Desa Banjar Rejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai Potret Relasi Gender dalam Keluarga Ulun Lappung dan memberikan Pengetahuan dan pemahaman bagaimana hubungan relasi gender dengan pola hubungan dalam keluarga yang sakinah mawaddah dan rahmah. Hasil dari sosialisasi ini adalah sosialisasi dan penyuluhan tentang potret atau gambaran dalam pola hubungan relasi gender, agar tercapainya rasa kesetaraan dan keadilan didalam keluarga, tersampaikannya penjelasan bagaimana suatu pola hubungan relasi gender diterapkan dalam keluarga dengan prinsip mubadalah yaitu bahagia dan membahagiakan, dan tersosialisasikannya pemberian pemahaman yang signifikan tentang potret relasi gender dalam bingkai ajaran Islam.

 

Kata Kunci: KKG, Potret Relasi, Adat Ulun Lappung

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

16-12-2021

How to Cite

SOSIALISASI POTRET RELASI GENDER PADA MASYARAKAT ULUN LAPPUNG. (2021). DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 199-214. https://doi.org/10.32332/d.v3i2.3385