Pemberdayaan Masyarakat melalui Seni Budaya: Pelatihan  Ekstrakulikuler Teater di SMA Negeri 1 Tenggulun, Aceh Tamiang

Authors

  • Robi Nurhadi Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Marwan Ali Hanafi Universitas Al-Azhar, Mesir

DOI:

https://doi.org/10.32332/vmy0xz98

Abstract

Seni teater memiliki peran penting dalam pengembangan karakter, keterampilan komunikasi, dan kreativitas peserta didik. Namun, belum semua sekolah memiliki wadah yang memadai untuk mendukung minat dan bakat siswa dalam bidang ini. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan seni teater serta membentuk ekstrakulikuler seni teater di SMA Negeri 1 Tenggulun, Aceh Tamiang, sebagai ruang ekspresi dan pengembangan keterampilan siswa. Ruang lingkup kegiatan mencakup pelatihan akting, penyutradaraan, penulisan naskah, dan manajemen pertunjukan menggunakan metode Participation Action Research (PAR), yang melibatkan siswa dan pihak sekolah secara aktif. Pelaksanaan program selama empat minggu melibatkan 28 peserta didik, yang menunjukkan peningkatan keterampilan, antusiasme, dan keterlibatan dalam pementasan teater perdana. Selain menciptakan ekosistem seni yang lebih dinamis di sekolah, pembentukan ekstrakulikuler seni teater diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang sebagai wadah kreativitas dan penguatan budaya sekolah.

Kata kunci: Pemberdayaan Ekstrakulikuer Sekolah, Pengembangan  Ekstrakulikuler Teater, Pengembangan Ekstrakulikuler Seni di Sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

15-03-2025

How to Cite

Pemberdayaan Masyarakat melalui Seni Budaya: Pelatihan  Ekstrakulikuler Teater di SMA Negeri 1 Tenggulun, Aceh Tamiang. (2025). DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 105-120. https://doi.org/10.32332/vmy0xz98