Pemberdayaan Masyarakat melalui Seni Budaya: Pelatihan Ekstrakulikuler Teater di SMA Negeri 1 Tenggulun, Aceh Tamiang
DOI:
https://doi.org/10.32332/vmy0xz98Abstract
Seni teater memiliki peran penting dalam pengembangan karakter, keterampilan komunikasi, dan kreativitas peserta didik. Namun, belum semua sekolah memiliki wadah yang memadai untuk mendukung minat dan bakat siswa dalam bidang ini. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan seni teater serta membentuk ekstrakulikuler seni teater di SMA Negeri 1 Tenggulun, Aceh Tamiang, sebagai ruang ekspresi dan pengembangan keterampilan siswa. Ruang lingkup kegiatan mencakup pelatihan akting, penyutradaraan, penulisan naskah, dan manajemen pertunjukan menggunakan metode Participation Action Research (PAR), yang melibatkan siswa dan pihak sekolah secara aktif. Pelaksanaan program selama empat minggu melibatkan 28 peserta didik, yang menunjukkan peningkatan keterampilan, antusiasme, dan keterlibatan dalam pementasan teater perdana. Selain menciptakan ekosistem seni yang lebih dinamis di sekolah, pembentukan ekstrakulikuler seni teater diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang sebagai wadah kreativitas dan penguatan budaya sekolah.
Kata kunci: Pemberdayaan Ekstrakulikuer Sekolah, Pengembangan Ekstrakulikuler Teater, Pengembangan Ekstrakulikuler Seni di Sekolah
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Robi Nurhadi, Marwan Ali Hanafi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.