PERAN BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM MENGATASI KRISIS IDENTITAS PADA REMAJA MUSLIM DI KABUPATEN TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.32332/jsdhcp75الكلمات المفتاحية:
Bimbingan Rohani Islam، Krisis Identitas، Remaja Muslimالملخص
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis identitas yang dialami remaja muslim akibat pertentangan antara nilai-nilai agama Islam dengan tuntutan budaya sekuler. Remaja muslim terjebak antara ekspektasi keluarga untuk menjunjung tinggi agama dan tekanan untuk beradaptasi dengan budaya modern yang seringkali bertentangan dengan keyakinan mereka. Konflik ini menyebabkan krisis identitas, dimana remaja merasa terisolasi dan berjuang untuk menemukan tempat mereka dalam masyarakat yang terus berkembang.. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang bagaimana bimbingan rohani Islam dapat berkontribusi terhadap pembentukan identitas remaja muslim yang positif. Terlebih dahulu, Konselor perlu mengidentifikasi faktor-faktor penyebab krisis identitas dari sudut pandang agama dan sosial agar dapat menemukan strategi konseling yang efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah studi literatur, yaitu mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber kepustakaan yang berkaitan dengan topik penelitian, antara lain jurnal akademik, buku, laporan penelitian, artikel online dan sumber lainnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan rohani Islam berperan penting dalam mengatasi krisis identitas yang dihadapi remaja muslim. Bimbingan rohani memungkinkan remaja muslim untuk memperkuat hubungan spiritual mereka dengan Allah SWT, sehingga menghasilkan landasan yang kokoh untuk mengeksplorasi dan memahami identitas keagamaan mereka, juga membantu generasi muda mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang nilai-nilai moral Islam dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, yang merupakan landasan penting untuk memperkuat identitas keagamaannya. Penelitian ini menyarankan agar bimbingan rohani Islam dapat diterapkan dalam pendidikan remaja, khususnya ketika menghadapi krisis identitas. Hasil penelitian dapat menjadi landasan dalam merancang program konseling di sekolah dan pesantren serta mengintegrasikan nilai-nilai agama ke dalam kehidupan remaja sehari-hari.
المراجع
A. Octavia, S. (2021). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA).
Abdullah, F., Uyuni, B., & Adnan, M. (2023). Tantangan Dan Peluang Pendidikan Quran Di Kota Besar. Spektra: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1), 1–17. Retrieved from https://doi.org/10.34005/spektra.v4i1.3097
Alwi, S. (2021). PERILAKU BULLYING DI KALANGAN SANTRI DAYAH TERPADU KOTA LHOKSEUMAWE. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.
Awaludin, D. (2022). Materi Bimbingan Rohani Islam Di Rumah Sakit. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 2(3), 692. Retrieved from https://doi.org/10.15575/jpiu.v2i3.17018
Dalimunthe, D. S. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai Spiritual, Etika, dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 75–96. Retrieved from https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.426
Dewi, C. I. A. L., & Tience Debora Valentina. (2020). Posttraumatic growth among adolescents victims of bullying. Psikologia: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 15(1), 13–25. Retrieved from https://doi.org/10.32734/psikologia.v15i1.4342
Fatwikiningsih, N. (2020). TEORI PSIKOLOGI KEPRIBADIAN MANUSIA. (M. Kika,Ed.). Yogyakarta: Penerbit ANDI (Anggota IKAPI).
Fitriyah, L., Munawwaroh, F., Rohmah, L., Umami, L., & Fitriyah, N. (2023). Pengembangan Modul Pelatihan dan Bahan Konseling bagi Konselor Sebaya Remaja di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 994–1005.
Freska, W., & Yeni, F. (2022). PSIKOLOGI dalam PROFESI KEPERAWATAN. Padang.
Hasanah, S. N. H., & Zainuddin, M. R. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Sikap Religius Siswa Pada Aspek Islam. IMTIYAZ: Jurnal Ilmu Keislaman, 7(2), 119–128. Retrieved from https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v7i2.776
Himawan, A., & Wahyudi, A. (2023). DAMPAKMEDIA SOSIAL PADAIDENTITAS KEAGAMAAN REMAJA MUSLIM. Al-Khuwar: Journal of Religion and Islamic Education, 1, 1–23.
Iskandar, M., Rahayu, I., Diyana, N., Izzatul Jannah, F., Dewi Muro Asih, W., Biman Saputra, D., … Andini, S. (2023). Pengaruh Kesehatan Mental Pada Perilaku Remaja di Era VUCA. Proceeding Conference on Psychology and Behavioral Sciences, 2(1), 32–37.
Karpika, I. P., & Segel, N. W. W. (2021). Quarter Life Crisis Terhadap Mahasiswa Studi Kasus di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Widyadari, 22(2), 513–527. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.5550458
Luqman, M. (2022). Peran Penyuluh Bimbingan Rohani Islam Dalam Pembinaan Agama Islam Lansia. Jurnal Mercusuar: Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 1(1), 1–10. Retrieved from https://doi.org/10.31332/jmrc.v1i1.4308
Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 1–12. Retrieved from https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20
Manihuruk, M., Tupamahu, C. T., & Siagian, L. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Pastoral Bagi Anak Usia Remaja Awal Menurut 2 Timotius 1:3-18. Missio Ecclesiae, 11(1), 51–71. Retrieved from https://doi.org/10.52157/me.v11i1.153
Mika Damayanti, A., Rahmatiah, S., & Alang, S. (2022). PELAYANAN BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM MENGURANGI TINGKAT STRES PADA PASIEN KEGUGURAN DI RUMAH SAKIT ST. MADYANG PALOPO. Al-Irsyad Al-Nafs, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 2(1), 1–4.
Mubin Syahrul. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Identitas Keagamaan Dalam Kalangan Pemuda Muslim. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(2023), 1093–1104.
Mulyadi, R., Sartika, D., & Rudi Setiawan, H. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Sarana Membentuk Identitas Keagamaan dalam Masyarakat Multikultural. Khazanah : Journal of Islamic Studies, 19(2), 161–171.
Muslimah, E., Shafiratul MB, N., & Salsabila. (n.d.). PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBENTUK REMAJA BERAKHLAK ISLAM PADA KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(2023), 472–486.
Padillah, R. (2020). Implementasi Konseling Realitas dalam Mengangani Krisis Identitas pada Remaja. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(3), 120–125.
Pratiwi, H. T. (2024). Penerapan Bimbingan Konseling Islam sebagai Upaya Meningkatkan Kesehatan Mental Siswa SMA, 1(2), 411–418.
Puspytasari, H. H. (2022). Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter bagi Anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–10.
Rachmayanti, R., Yusuf, I., Tinggi, S., & Islam Balikpapan, A. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Krisis Identitas Pada Remaja Muslimah Di Rt 26 Kelurahan Batu Ampar Balikpapan Utara. Jurnal Kajian Agama Dan Dakwah, 2(2).
Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. Al-Irsyad, 12(1), 40. Retrieved from https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935
Rakhmat, J. (2021). PSIKOLOGI AGAMA.
Rusuli, I. (2022). Psikososial Remaja: Sebuah Sintesa Teori Erick Erikson Dengan Konsep Islam. Jurnal As-Salam, 6(1), 75–89. Retrieved from https://doi.org/10.37249/assalam.v6i1.384
Salis Irvan Fuadi, Rindi Antika, & Nur Rofiudin. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Keluarga: Kajian QS. alTaghabun ayat 14-15. Matan Journal of Islam and Muslim Society, 2(1), 74–86.
Shofiyyah, N. A., Komarudin, T. S., & Ulum, M. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Islami dalam Praktik Kepemimpinan Pendidikan : Membangun Lingkungan Pembelajaran yang Berdaya Saing. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 66–77.
Suhartawan, B., Daawia, Raini Nurmaningtyas, A., Deni, A., Magdalena Iriyanto, S., Sopiah, S., … Nugraha Barsei, A. (2024). METODOLOGI PENILITIAN. (P. Tri Cahyono,Ed.). Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
Supriatna, A. (2023). Perkembangan Fikih dalam Era Digital: Kajian terhadap Metode Ijtihad dalam Memahami Masalah Kontemporer. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 6(1), 717–734. Retrieved from https://doi.org/10.47467/as.v6i1.5478
Suryana, E., Wulandari, S., Sagita, E., & Harto, K. (2022). Perkembangan Masa Remaja Akhir (Tugas, Fisik, Intelektual, Emosi, Sosial dan Agama) dan Implikasinya pada Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1956–1963. Retrieved from https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.664
Syaifatul Jannah, & Ida. (2022). Bimbingan Rohani: Strategi Konseling Islam Untuk Meningkatkan Religiusitas Di Lingkungan Pesantren. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 97–105. Retrieved from https://doi.org/10.19105/ec.v3i2.6744
Yahya, N. S. M., & Akib, M. M. M. (2023). Perspektif Psikospiritual Islam Terhadap Masalah Spiritual Remaja Berisiko. Journal of Al-Quran and Al-Sunnah, 8(2), 1–11.
Yuhani`ah, R. (2021). Psikologi Agama Dalam Pembentukan Jiwa Agama Remaja. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1, 12–42. Retrieved from https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i1.5