EFEKTIVITAS PERMAINAN JUMP SHAPE UNTUK MENGENALKAN BENTUK GEOMETRI PADA PEMBELAJARAN KOGNITIF ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.32332/xqsx3v21Kata Kunci:
Bentuk Geometri, pembelajaran kognitif, permainan jump shapeAbstrak
Permasalahan yang ditemukan di TK Khodijah Mulyojati Metro Barat yaitu sebagian anak mengalami kesulitan untuk mengenal bentuk geometri seperti bentuk lingkaran, segitiga, persegi dan persegi panjang. Hal ini disebabkan minimnya media pembelajaran mengenai bentuk geometri yang digunakan saat pembelajaran berlangsung menjadikan anak tidak terlalu senang dan tidak menarik perhatian anak pada saat pembelajaran berlangsung. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan ini adalah metode penelitian pre-eksperimental design dengan model penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket dengan skala likert. Hasil penelitian ini diketahui bahwa uji validitas dengan hasil item instrumen valid berjumlah 30 item, uji reliabilitas sebesar 0,920, uji normalitas pretest sebesar 0,154 dan posttest sebesar 0,077, uji homogenitas sebesar 0,458 dan uji hipotesis paired sample t-test sebesar 0,001 dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Nilai rata-rata pretest sebesar 76,2 dan nilai rata-rata posttest sebesar 101,28. Pada kelas eksperimen ini terdapat peningkatan setelah diberikan treatment dengan menggunakan media permainan jump shape sebesar 25,08. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat efektivitas dalam penggunaan media permainan jump shape untuk mengenalkan bentuk geometri pada pembelajaran kognitif anak usia dini di TK Khodijah Mulyojati Metro Barat.
Referensi
Akemad Wahyudi, A. I. (2021). Pengaruh Media Tangram Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Uisa Dini. Jurnal Lectura.
Anisa, A. N. (2023). Pengembangan Kognitif Bentuk Geometri Melalui Media Bahan Alam Pada Kelompok A2 Di Taman Kanak-Kanak Al Hidayah II Kaliwates.
Garianto. (2024). Sistem Penjaminan Mutu Internal Di Perguruan Tinggi Teori, Praktek dan Perspektif Islam . Bandung: Alfabeta.
Ginarti. (2021). Permainan Engklek Geometri Untuk Meningkatkan Kognitif Anak 5-6 Tahun Di Paud Kartini Jati Mulyo Lampung Selatan. Jurnal Acie.
Komariyah, S. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Lompat Geometri Pada Anak Kelompok B TK Diponegoro 109 Pageraji. Jurnal Audiensi.
Lailatul Zurlita, Y. S. (2022). Pengembangan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Uisa Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidkan Anak Usia Dini.
Marlisa, L. (2019). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Telaah Dalam Permendikbud 146 Tahun 2014 ) Terhadap Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 6(2), 136–145. https://doi.org/10.36706/JTK.V6I2.9895
Marlisa, L., Alawiyah, A., & Tisnawati, N. (2022). Analisis Hubungan Metode Bercerita Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(02), 1–5. https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/thufulah/article/view/3466
Marifah, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Konstruktif Pada Kelompok A Di TK Hikari. Jurnal Uin.
Nafiah, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Lompat Geometri Pada Kelompok B-3 Di Raudlathul Athfal Perwanida Rejoso Nganjuk. Jurnal Rabit.
Restiati, E. (2021). Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Komparatif Jean Piaget Dan Al-Ghozali . Jurnal Alayya.
Rustiyanti, D. W. (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Dakon Geometri Pada Anak Kelompok A Di TK Arum Puspita Triharjo Pandak Bantul.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, Dan Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta.
Ullan, Y. (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Permainan Edukatif Dengan Media Biji Karet Di Taman Kanak-Kanak.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Reni Maryani, Lusi Marlisa, Garianto Garianto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License