PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MEMBENTUK KARAKTER ANAK (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI RA KHALIFAH INSANI METRO
DOI:
https://doi.org/10.32332/srh8e810Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada saat observasi awal di Kelompok A RA. Khalifah Insani Kota Metro, yaitu sebagian siswa belum memahami karakternya masing-masing karena dalam kegiatan pembelajarannya masih bersifat konvensional sehingga jarang mengaitkan budaya lokal dengan tema pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan prototype model pembelajaran tematik integratif berbasis kearifan lokal bagi anak usia dini dan mengetahui efektivitas model pembelajaran tematik integratif berbasis kearifan lokal dalam membentuk karakter. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model instruksional pengembangan J. Moonen. Sampel yang digunakan adalah 1 guru dan 20 murid kelompok A pada RA Khalifah Insani Kota Metro. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan model pembelajaran tematik integratif berbasis kearifan lokal untuk membentuk karakter anak terhadap penggunaan produk mampu memfasilitasi dan menanamkan karakter sopan santun siswa dan dapat menciptakan pembelajaran yang layak dan efektif.
Referensi
Asih Mardati & Hanum Hanifa Sukma. (2018). Integrative Thematic Teaching Materials Based on Local Wisdom. ICSTI.
Faqih Hakim Hasibuan, Sri Minda Murni, & Abdurrahman Adisaputera. (2021). Model Development Integrated Thematic Learning Based On Creative Thinking Stages On Elementary School Education. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(4), 696.
Fita Mustafida & Abd. Gafur. (2023). Integrative Thematic Learning Model Based On Multicultural Values At Taman Harapan Primary School, Malang City. Jurnal Ilmiah Didaktika, 24(1), 80–92.
Indah Arvianti & Ana Wahyuni. (2020). The Effectiveness of Local Wisdom-Based Integrative Thematic English Education Games in 2013 Curriculum. Parole: Journal of Linguistics and Education, 10(1), 62–71.
Maha Lastasa Buju Basafpipana Habaridota. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Kalimantan Barat Pada Kelas III Tema 3 SD/MI Tahun 2019/2020. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(2), 178–184.
Martha Christiani. (2020). Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Anak Umur 4-5 Tahun Melalui Metode Tanya Jawab di Kelompok A RA Ar-Rafif Kalasan, Sleman, Yogyakarta [Skripsi]. UIN Sunan Kalijaga.
Naela Khusna Faela Shufa. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53.
Nafia Wafiqni. (2018). Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. AL-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(02), 104.
Ni’matul Khoeriyah & Mawardi. (2018). Penerapan Desai Pembelajaran Teknik Integratif Alternatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 63–74.
Novi Lestariningsih & Siti Partini Suardiman. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Peduli dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, VII(1), 86.
Nur Adiyah Yuliastri & Sandy Ramdhani. (2018). Pengembangan Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 54.
Qiqi Yuliati Zaqiah, Yeti Heryati, & Ibrahem Narongraksakhet. (2021). Implementation of Thematic-Integrative Learning To Enhance Students’ Skill In the 4.0 era. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 243–256.
Rukiyati & L. Andriani Purwastuti. (2016). Model Pendidikan Karakter Berbasis kearifan Lokal pada Sekolah Dasar di Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, VI(1), 140.
Septi Fitri Meilana & Aslam. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5611.
Sri Sulistyorini, Eko Purwanti, Barokah Isdaryanti, & Sri Sami Asih. (2022). Integrated Thematic Teaching Materials Based on Local Wisdom to Develop the Elementary School Students’ Character. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 11(1), 57.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Yesi Murwati, Bambang Sumardjoko, Minsih, & Yeny Prastiwi. (2022). Thematic Learning Based on Local Wisdom in the New Normal Time in Elementary School. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(3), 388–396.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Khodijah, Edo Dwi Cahyo, Suryadi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License