The Exploration Of Early Childhood Science Through Daily Equipment: A Study At Nurul Huda Yapis Kindergarten, Keerom Regency
DOI:
https://doi.org/10.32332/vt4md370Kata Kunci:
Perlengkapan Hidup, Sains, Anak Usia Dini, KeeromAbstrak
Artikel ini bertujuan menjelaskan penggunaan perlengkapan hidup sehari-hari untuk mengajarkan sains yang berkaitan dengan materi volume, terapung, tenggelam dan larutan guna meningkatkan pemahaman tentang konsep ilmiah, partisipasi aktif, dan keterampilan praktis anak-anak usia dini. Artikel ini mengedepankan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan dan analisis data, dengan melihat langsung aktifitas pembelajaran serta melakukan wawancara secara mendalam dengan para guru TK Nurul Huda Yapis Kabupaten Keerom yang datanya kemudian disandingkan dengan literatur-literatur yang ada untuk memperkaya analisis. Artikel ini menemukan 3 hal: Pertama, penggunaan perlengkapan hidup sehari-hari didalam praktikum sains memberi kesempatan kepada anak-anak untuk mengalami pembelajaran yang lebih konkret dan interaktif. Kedua, penggunaan perlengkapan hidup dalam kegiatan belajar sains mampu meningkatkan keterlibatan anak-anak untuk mengembangkan keterampilan praktis yang penting. Ketiga, perlengkapan hidup sehari-hari yang digunakan mudah ditemukan dan aman, sehingga kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan risiko minimal. Secara keseluruhan, penggunaan perlengkapan hidup sehari-hari dalam pembelajaran sains di TK Nurul Huda Yapis tidak hanya memperkaya pemahaman akademis tetapi juga mendukung perkembangan holistik anak-anak, mempersiapkan mereka untuk pembelajaran yang lebih mendalam di masa depan.
Referensi
Cherniaieva, A. A. (2021). MANFAAT PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (AUD) Yusuf. In MANFAAT PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (AUD) Yusuf (Vol. 16, Issue 4).
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hanik Mutma’inah, Muhammad Ainun Najib, & Heny Kusmawati. (2023). Strategi Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Journal of Student Research, 1(1), 249–264. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.984
Hayati, N., Cholimah, N., & Christianti, M. (2017). IDENTIFIKASI KETERAMPILAN KOGNITIF ANAK USIA 2-6 TAHUN DI LEMBAGA PAUD KECAMATAN SLEMAN, YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17705
Ma’viyah, A. (2021). Experimental methods in science learning for early childhood. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islami Dan Sains, 3.
Maiti, & Bidinger. (1981). Metode Penelitian Creswell. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Nisfa, N. L., Latiana, L., Pranoto, Y. K. S., & Diana, D. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Sosial dan Emosi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3032
Palmin, B., Felisitas Ndeot, & Maria Rahayu Anwar. (2021). PELATIHAN MEMBUAT ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN BAGI ANAK USIA DINI. Randang Tana - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.36928/jrt.v4i2.796
Pendidikan, J., Fajar, R., & Zega, W. (2023). Preschool: Manfaat Penggunaan Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Anak Usia Dini, 4(2), 53–64.
Rahmi, S. W. (2023). STRUKTUR SAINS SEBAGAI KONSEP METODE ILMIAH (PENGAJARAN BAGI ANAK USIA DASAR). PEMA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 3(3). https://doi.org/10.56832/pema.v3i3.377
Roberto, H. S., Setyowati, D., & Nurcahyo, M. A. (2023). Analisis Literasi Sains pada Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), 237–245. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.2558
Rohmah, F., Amir, Z., & Zulhidah, Z. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Volume Bangun Ruang SD/MI. Jurnal Basicedu, 6(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2262
Rosandi Lubis, A. R., & Salminawati. (2022). STRUKTUR SAINS (METODE ILMIAH). Journal Of Social Research, 1(3), 731–735. https://doi.org/10.55324/josr.v1i3.142
Sari, M. R. (2021). Desain dan Uji Coba Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. In Skripsi.
Supratiknyo, P. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Benda Terapung, Melayang dan Tenggelam Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(2). https://doi.org/10.28926/jtpdm.v1i2.245
Utami, R. T., & Desstya, A. (2021). Analisis Cakupan Literasi Sains dalam Buku Siswa Kelas V Tema 4 Karya Ari Subekti di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1556
Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692
Wijaya, K. W. B., & Dewi, P. A. S. (2021). Pembelajaran Sains Anak Usia Dini dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.554
Wiyogo, W., Perkasa, P., & Fachrezzy, R. (2020). ANALISA ALAT PERMAINAN EDUKATIF ANAK. Steam Engineering, 1(2). https://doi.org/10.37304/jptm.v1i2.717
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ayu Pratamawati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License