Pemanfaatan Bahan Losse Part Pada Pengembangan Ape Bajai Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia 4-5 Tahun

Penulis

  • Wardah Nabila Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Irmawati Irmawati Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Rini Supiyati Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Lutfatun Nisa’ Institut Agama Islam Negeri Madura

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v3i2.7146

Kata Kunci:

Losse part, APE Bajai, Kognitif

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk perkembangan kognitif dengan media bajai dari bahan loose part di mana permainan ini yang paling yang praktis untuk permainan anak. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan bahan losse part terhadap alat perkembangan alat permainan edukatif untuk anak, selanjutnya keterkaitan alat permainan edukatif terhadap perkembangan kognitif anak sebagai upaya untuk meningkatkan aspek kognitif pada anak usia 4-5 Tahun. Penelitian ni menggunakan jenis penelitian kualitatif dan bersikap bersifat deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan teknik pengumpulan data, library research dll. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak manfaat di dalam bahan losse part untuk dijadikan alat permainan edukatif dan mempunyai pengaruh terhadap perkembangan kognitif anak
usia 4-5 tahun.

Referensi

AISYAH, A. (2020). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Balok. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 36–40. https://doi.org/10.36456/incrementa pedia.vol2.no02.a3018
Ashadi, F. (2022). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di Tk Al Ihsan Banyuwangi. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 6(1), 113–123. https://doi.org/10.31537/ej.v6i1.649
Jend, J. (2020). Universitas Negeri Gorontalo Press Anggota IKAPI. www.ung.ac.id
Juliana, F., Syafrida, R., & Nirmala, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Loose Part Terhadap Minat Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Di Tkit Ash-Sholihah Tambelang. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 5(3), 563–574.
Kemdikbud. (2020). Panduan Pengelolaan Looseparts. 1–21.
Volume No Juni 202

11│Penulis 1, Penulis 2
Judul...
Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76. https://portaldik.id/assets/upload/pe raturan/PERMEN KEMENDIKBUD Nomor 137 Tahun 2014 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.pdf
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya. In Perdana Publishing.
Mastuinda, M., Zulkifli, Z., & Febrialismanto, F. (2020). Persepsi Guru Tentang Penggunaan Loose Parts Dalam Pembelajaran Di Paud Se- Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 90–96. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.8 68
Mathematics, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.
Mukhtar, N. (2018). Penggunaan Alat Permainan Edukatif dalam Menstimulasi Perkembangan Fisik- Motorik Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(2), 125–138.
Nurfadilah, Fadila, S. N., & Adiarti, W. (2021). Panduan APE Aman Bagi Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 1–68.
Nurul N. (2022). Tinjauan Terhadap Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Oleh Guru di TK Al-Azhar SIEM. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2)
Nuryati, N. (2022). Model Pengembangan Bahan Ajar Alat Permainan Edukatif (Ape) Untuk Mahasiswa Paud. Research and Development Journal of Education, 8(2), 536. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.1 3121
Oktavia Lestari, M., & Karim Halim, A. (2022). Penggunaan Media Loose Part dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Tunas Harapan. Jurnal Family Education, 2(3), 271–279. https://doi.org/10.24036/jfe.v2i3.69
Pansitung, M., Ra, D. I., & Kabupaten, K. (2021). Pendahuluan. XVII, 25– 32.
Rapiatunnisa, R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mitra Ash- Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(01), 17–26. https://doi.org/10.46963/mash.v5i0 1.423
Sumarseh, & Eliza, D. S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbahan Loose Part in Door Untuk Membangun Merdeka Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 65–75.
Syekh, I., & Cirebon, N. (2020). Alat permainan edukatif (ape).
Valentina Dewi, E. R., Hibana, H., & Ali, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Loose Parts terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 267–282. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1 .3451

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-26