Peningkatan Kemampuan Bahasa Dalam Pembelajaran Iqro Melalui Permainan Kartu Hijaiyah Pada Anak 4-5 Tahun Di Ra Darul Hikmah Gunung Gerbang Bantur

Penulis

  • Arika Arika Institut Agama Islam Al-Qolam Malang
  • Nikmahtul Khoir Tri Yula Institut Agama Islam Al-Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v3i2.6541

Kata Kunci:

Kemampuan Bahasa, Pembelajaran Iqro, Permainan, Kartu Huruf

Abstrak

Mengenal Al-Qur’an sejak usia dini dapat di mulai dengan belajar mengenal huruf hijaiyah sebagai dasar pembelajaran Al-Qur’an. Berdasarkan observasi sebagian besar anak masih kesulitan membaca huruf hijaiyah. Sehingga, peneliti menciptakan teknik permainan yang menunjang kemampuan bahasa anak melalui media kartu huruf. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa (iqro’) dan hasil peningkatan kemampuan membaca dalam pembelajaran iqro’ melalui permainan kartu huruf pada anak usia 4-5 tahun di RA Darul Hikmah Gunung Gebang Kec. Bantur Kab. Malang. Kajian metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (Action Research). Tahapan setiap siklus melalui proses planning, action, observation, dan reflection. Temuan data yang akan ditingkatkan meliputi siklus I tahap mengenal dan menghafal huruf hijaiyah, dan siklus II menyebutkan huruf hijaiyah secara acak serta menelaah dan mengurutkan bentuk yang berbeda dari huruf hijaiyah sebagai proses evaluasi. Hasil akhir penelitian pada siklus I mencapai 60%, kemudian siklus II mencapai 87%, artinya teknik permainan kartu huruf hijaiyah terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media huruf hijaiyah dengan teknik permainan mampu meningkatkan hasil kemampuan membaca secara signifikan. Sehingga, saran penerapan yang diharapkan dapat menjadi tolak ukur peneliti untuk mengembangkan media kartu huruf secara kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak .

Referensi

Anggoro, D. (2018). Metode Penelitian (2nd ed.). Universitas Terbuka.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Keempat Be). PT Rineka Cipta.
Arsyad, A. . (2011). Media pembelajaran. PT Raja Grafindo Prasada.
Criticos, C. (1996). International Encyclopedia Of Educational Techology, 2nd Edition. Elsevier Science.Inc.
Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Satu Nusa.
Fadillah, M. (2017). Bermain dan Permainan, (3rd ed.). PRENADAMEDIA GROUP.
Gagne, R. . (1985). The Condition of Learning Theory of Instrucion. Holt, Rinehart and Winston.
Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. PT Citra Aditya Bakti.
Hurlock, Elizabeth., B. (1989). Perkembangan Anak (Jilid I). Erlangga.
Hurlock, E. B. (2005). Perkembangan Anak Jilid 1 (4th ed.). Erlangga.
Inten, D. N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109–120. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2712
Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi. PT Refika Aditama.
Mutia. N.H, D. (2018). Peningkatan mengenal huruf hijaiyah melalui mediakartu huruf. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/4676/3363
Nurhayati. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bimbingan Mata Pelajaran IPA Di Kelas III SD Inpres 1 Bainaa. Jurnal Kreatif Taduloko Online, 4(10). https://media.neliti.com/media/publications/119039-ID-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-dengan.pdf
Sadiman. (2018). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. (14th ed.). PT Raja Grafindo Persada.
Siregar, I. (2018). Penerapan Metode Iqro’ dan pengaruhnya terharap kemampuan membaca Al-Qur’an Murid MDA Muhammadiyah Bonan Dolok. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 3(1). http://jurnal.umtapsel.ac.id /index.php/al-muaddib/article/ view/370/301
Suriansyah, A. & A. (2011). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini (J. D. & Jamalie.Z (ed.); 1st ed.). comdes. https://idr.uin-antasari .ac.id/6632/1/Buku Strategi Pembe lajaran.pdf
Trisnawati, N. (2017). Implementasi Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Iqro’ di Raudhatul Athfal Cut Mutia Desa Dagang Kelambir Kecamatan Tanjung Morawa. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Zubaidah, E. (2004). Perkembangan Bahasa anak Usia Dini Dan Teknik pengembangannya disekolah. Cakrawala Pendidikan (Jurnal Ilmiah Pendidikan, (3). https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/7600/pdf

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-06