Peran Guru Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Di Tk Darul Muttaqin Desa Bulu Sari Kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah

Penulis

  • Siti Nur Kholifah Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Revina Rizqiyani Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v3i1.5802

Kata Kunci:

peran guru, perkembangan sosial emosional, anak usia dini.

Abstrak

Perkembangan sosial emosional merupakan sebuah kritis dalam proses perkembangan anak yang terbentuk melalui perkembangan yang didapat dalam suatu proses belajar baik dari lingkungan keluarga, lingkungan pertemanan, maupun lingkungan sekolah. Dalam mengembangkan sosial emosional anak, guru memiliki peran yang sangat penting mengembangkan sosial emosional anak di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mengembangkan sosial emosional anak di TK Darul Muttaqin Kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif lapangan, yang dilakukan di TK Darul Muttaqin Kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sember data skunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Adapun tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dalam mengembangkan sosial emosional anak di TK Darul Muttaqin Kecamatan Bumi Ratu Nuban guru berperan sebagai edukator, supervisor, meneger, inovator, komunikator dan motivator guna mengembangkan sosial emosional anak agar dapat berkembang maksimal.

 

Kata Kunci:     peran guru, perkembangan sosial emosional, anak usia dini.

Referensi

Dadan Suryana. Stimulasi Dan Aspek Perkembangan (Jakarta: Kencana 2016). 26
Eka Budi Maryatun. “Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak” (Yogyakarta : Jurnal Pendidikan Anak, 2016) Volume 5 Edisi 1, 5.
Femmi Nurmalitasari. “Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Prasekolah” (Yogyakarta: Buletin Psikologi 2015) Halaman 1-2
Indah & Yuli Setya Ningrum. “Perkembangan Sosial Emosional Anak Prasekolah“ (Kudus: Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan 2019) Vol.10, 2.
M.Yusuf Seknum. “Kedudukan Pendidik Sebagai Pendidik” (Makasar: Lentera Pendidikan 2012), 2
Meithy H, Idris :menjadi pendidik yang menyenangkan dan profesional” (jakarta: lukima metro media 2015) 42
Paramendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Halman 28-29.
Permendikbud RI No 137 Tahun 2013. Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Redaksi Sinar Grafik. Undang - Undang Guru Dan Dosen No.14 Th, 2005 Cet. Ii; Jakarta : Sinar Grafika, 2009, 3
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Uswatun Hasanah Et Al. Psikologi Pendidikan (Depok:Rajawali, 2019) Halaman 3

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-30