PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MELUKIS

Penulis

  • Siti Kurniasih IAIN Metro, Lampung, Indonesia
  • Davina Kinanti Putri IAIN Metro, Lampung, Indonesia
  • Durotun Nasikhah IAIN Metro, Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v1i1.5451

Kata Kunci:

Kreativitas, Melukis, dan Anak Usia Dini.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses peningkatan kreativitas pada anak kelompok B di PAUD Nirmala dan mengetahui sejauh mana hasil peningkatan kreativitas anak melalui Kegiatan melukis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 8 kali pertemuan, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap-tahap sebagai berikut: perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B berjumlah 14 orang anak, 2 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang terdiri dari observasi aktivitas anak dengan menggunakan Kegiatan melukis. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari siklus pertama dan siklus kedua. Sedangkan analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan dan wawancara selama penelitian dengan langkah- langkah reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dengan Kegiatan melukis, dapat dibuktikan rata-rata skor kreativitas pra-siklus 50,17%, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 67,50% dan pada siklus II meningkat sebesar 86,29%.

Referensi

Brewer, Jo Ann. 2007. Early Childhood Education Preschool Through Primary
Grade. USA: Pearson.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-21