Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di TK Negeri Pembina Penukal Pali

Penulis

  • Wina Adha Vitri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Tutut Handayani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Elsa Cindryah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v3i1.4059

Kata Kunci:

karakter peduli lingkungan, environmental care character

Abstrak

Penelitian ini berjudul Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di TK Negeri Pembina Penukal. Dengan rumusan masalah:  bagaimana strategi guru dalam menanamkan pendidikan karakter peduli lingkungan  pada peserta didik di TK Negeri Pembina Penukal dan apa faktor pendukung dan penghambat guru dalam menanamkan pendidikan karakter peduli lingkungan di TK Negeri Pembina Penukal. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan karakter peduli lingkungan di TK Negeri Pembina Penukal. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, peneliti dan Guru sebagai informan pendukung. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sehingga data dapat diketahui dengan baik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi guru yang digunakan  di Tk  Negeri Pembina Penukal dalam menanamkan nilai pendidikan karakter peduli lingkungan yaitu menggunakan metode pembiasaan, metode keteladanan, contohnya seperti melaksanakan kegiatan tanam-menanam bunga, bergotong royong membersikan lingkungan sekolah, dan membuang sampah pada tempatnya.Adapun faktor pendukung dalam menanamkan nilai pendidikan karakter peduli lingkungan di TK Negeri Pembina Penukal adalah guru sebagai teladan yang baik bagi siswa seperti memberi contoh membuang sampah sampah pada tempatnya, menjaga ucapan-ucapan dan membudayakan  senyum, sapa.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31