PENGGUNAAN MEDIA PLASTISIN DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS DI KB NURUL ARIF

Penulis

  • Sasha Oktaviani IAIN METRO
  • Dian Eka Priyantoro IAIN Metro
  • Uswatun Hasanah IAIN Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v2i1.3781

Kata Kunci:

Anak usia Dini, Motorik Halus, Media Plastisin.

Abstrak

Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan yang ditujukan bagi anak anak usia prasekolah dengan tujuan agar anak dapat mengembangkan potensi potensinya sejak dini melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan jasmani dan rohani anak sehingga mereka dapat berkembang secara wajar sebagai anak anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Motorik halus merupakan sebuah gerakan antara tubuh yang dapat melibatkan antara otot-otot kecil antara lain pergelangan tangan, otot jari tangan dan sebagainya. Plastisin merupakan salah satu media yang dapat mengembangakn motorik halus anak, plastisin sangat mudah digunakan karena merupakan barang lunak yang dapat diremas-remas, dipipihkan, ditarik-tarik, ditekan-tekan, gulung-gulung dan bias dibentuk sesuai dengan imajinasi dan keinginan anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang penggunaan media plastisin dalam mengembangkan motorik halus anak di KB Nurul Arif Metro Selatan menunjukan hasil yang baik. Dengan adanya penggunaan media plastisin dalam mengembangkan motorik halus seperti sudah dapat membentuk, mengekspresikan diri dalam berkreasi sesuai dengan tema pembelajaran dari berbagai kegiatan maka motorik halus anak bekerja dengan baik dan dapat terlatih secara maksimal.

Kata Kunci: Anak usia Dini, Motorik Halus, Media Plastisin.

Referensi

Aisyah, Siti, dkk. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.
Ariyanti, Tatik. “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak.” Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar 8, no. 1 (2016): 50–58.
Arumsari,Andini Dwi, Bustomi Arifin, dan Zulidyana Dwi Rusnalasari. “Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Kec Sukolilo Surabaya.” Jurnal PG PAUD Trunojoyo 4, no. 2 (2017).
Basrowi & Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Darmadi, Hamid. Metode Pengembangan Kualitatif. Jakarta: Alfabeta, 2005
Dwiarti, Retro. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Permainan Kartu Kata Pada Anak Kelompok B Tk Masyithoh Ngasem Sewon Bantul Yogyakarta.” Skripsi S-1 Kearsipan UNY: Fakultas Ilmu Pendidikan, 2013.
Hajar, Pamandhi dan Sukardi Evan. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Uniiversitas Terbuka, 2010.
Hasanah, Uswatun. dkk. Psikologi Pendidikan. Pertama. Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2018.
Hasan, Maimunah. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Diva Pres, 2009.
Indira. Kreasi Plastisin, Buah, Sayur, dan Kue. Jakarta: Erlangga, 2009.
Khadijah & Nurul Amelia. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana, 2020.
Maftuhah dan Endang Ratnasari. “Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Melalui Permainan Membuat Plastisin Alami.” Jurnal PGPAUD Trunojo 1, no. 1. 2014
Meysin, Meningkatkan Keterampilan Motoric Halus Menggunakan Media Plastisin Pada Peserta Didik Kelompok A Taman Kanak-Kanak Amandah Kota Palopo, Skripsi IAIN Palopo: FTIK.2020
Mirroh, Fikriyati. Perkembangan Anak Usia Emas (Golden Age). Yogyakarta: Laras Media Prima, 2013.
Mu’min, Sitti Aisyah. “Teori Perkembangan Konitif JEAN PIAGET.” Jurnal Al-Ta’dib 6, no. 1 (2013): 89–99.
Nurhayati, Eti. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: pustaka pelajar, 2011
Priyani, Septi. “Pengaruh Penggunaan Media Plastisin Tepung Berwarnaterhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini Di Ra Darush Sholihin Lampung Barat.” Skripsi Diajukan untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi Syarat-syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) UIN Lampung, 2019, 1–113.
Rudiyanto, Ahmad. Perkembangan Motorik kasar dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Lampung: Darussalam Press Lampung, 2016.
Rumini, Sri & Siti Sundari. Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. Asri Mahasatya, 2004.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cet-16. Bandung: Alfabeta, 2012.
Sujiono. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: UT, 2007.
Sukamti dan Endang Rini. Perkembangan Motorik. Yogyakarta: UNY, 2007.
Susanto, Ahmad. Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.
Suyadi. Psikologi Anak Usia Dini. Yogyakarta: PEDAGOGIA, 2010.
Suyadi & Maulidya Ulfah. Konsep Dasar PAUD. Cet-5. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2016.
Suyanto, Slamet. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publising, 2005.
Wahyuningsih, Sapta. “Penerapan Beramain Plastisin Dalam Pengembangan Motorik Halus Anak Usia 5-5 Tahun di TK Sriwijaya Palembang.” Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Sriwijaya Indralaya, 2015, 1–24.
Wardani, Ilfi Rahmi. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dengan Kegiatan Bermainmenggunakan Media Plastisin Di Kelompok B TK Al-Ulya Rajabasa Bandar Lampung.” Diajukan Kepada IAIN Raden Intan Lmapung Guna Memenuhi Salah Satu Persyaratan Skripsi, 2017.
Yanti, Arni. “Penggunaan Media Plastisin Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Di Paud It Al- Furqon Salam Sari Lampung Timur.” Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir dan Memenuhi Sebagai Syarat Memperoleh Gelar Sarjana M, Pd IAIN Metro Lampung, 2020, 1–132.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-24