PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DI PAUD KARYA BERSAMA DESA DARAT KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Penulis

  • Rau Dilah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Leny Marlina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Kurnia Dewi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v2i1.3707

Kata Kunci:

Media Kartu Angka Bergambar, Konsep Bilangan

Abstrak

Penelitian ini berjudul Pengaruh penggunaan media kartu angka bergambar terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan di PAUD Karya Bersama Desa Darat Kabupaten Ogan Komering Ilir. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh penggunaan media kartu angka bergambar terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan di PAUD Karya Bersama Desa Darat Kabupaten Ogan Komering Ilir. Dalam penelitian ini menggunakan Pre- experimental dengan desain One Group Pre test - Post test.subjek penelitian iniadalah anak kelas A dengan jumlah 15 anak, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Setelah dilakukan teknik analisis data, maka diperoleh thitung=64.2260 > ttabel= 1.7011 maka dapat disimpulkan Ho di tolak artinya ada Pengaruh Media Kartu Angka Bergambar Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Kelas A di PAUD Karya Bersama Desa Darat Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Referensi

Adi, Susilo Taufik. 2015. Belajar Calistung Itu Asyik. Jogjakarta: Javalitera
Aisyah. 2018. Peningkatan kemampuan berhitung permulaan. Jurnal Edukasi, Vol. 4 No.3
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asmuddin,Salwiah.2019.Meningkatkan Kemampuan Erhitung Permulaan Anak Melalui Media Kartu Angka Bergambar. Jurnal Pg-Paud Universitashalu Oleo Kendari, Vol. 2, No.1
Bustomi,Yazid. 2016. Pengenalan matematika dasar anak usia dini. Yogyakarta:FKIP UNY
Eny, Hidayati. 2016. Penngkatan Kemampuan Membilang 1-20 Melalui Permainan Tutup Botol. Jurnal Care Vol.3 No.2
Hasnida. 2015. Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta: PT Luxina Metro Media
Khadijah. 2015. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan:Perdana Publishing
Kurnia, Rita. 2014. Media Pembelajaran AUD. Pekanbaru: bahan ajar PAUD
Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Aud. Malang: Gunung Samudera
Kw, Lestari. 2015. Pengenalan kemampuan mengenal bilangan. Surabaya: Gresinda Press.
Manroe, Indah. 2007. Kamus bahasa Indonesia. surabaya: Gresinda Press
Nurani, Yuliani. 2016. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks Permata
Prayitno, Elida. 2015. Buku Ajar Perkembangan Anak Usia Dini. Padang: Angkasa Raya.
Setiawan, Doddy. 2015. Pengertian metode bercakap-cakap dengan media gambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak. E-journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol,3 No,1
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Putri, Silvi. 2019. Pengaruh Media Card Table Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan. Jurnal Pg Paud Universitas Negeri Surabaya, Vol.4 ,No.2
Rahmatika, Aufilana. 2019. Pengenalan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Penerapan Media Kartu Bergambar. Jurnal Program Studi PGRA, Vol. 5 , No.1
Sadiman, Arif. 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatan. Jakarta: Rajawali
Santrock, John . 2016. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika
Santrock, John . 2017. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Saputra, Yudha. 2015. Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas
Zaman, Badru. 2015. Media Dan Sumber Belajar Tk. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-23