UPAYA ORANGTUA DALAM MENGENALKAN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA DINI MELALUI TOILET TRAINING

Penulis

  • Uswatun Hasanah Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Much Deiniatur Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Aguswan Khotibul Umam Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Rezki Febriana Institut Agama Islam Negeri Metro

Kata Kunci:

Sex Education, Toilet Training, Early Childhood

Abstrak

Sex education must be started from the family, especially the role of the two parents who must introduce sex education. One way of introducing sex education to early childhood is through toilet training. Toilet training of children is an effort to train children to be able to control their urination and defecation. The purpose of this study was to determine the role of parents in introducing sex education to children through toilet training. The research used qualitative approach (field research) which was conducted at Perum Palm Asri Sumber Cirebon. Data collection techniques in this study were observation, interviews, and documentation. The finding of the research is the sex education is very important to be introduced to children from an early age, especially with regard to the introduction of reproductive organs and sex. The strategy of parents by explaining to children that the reproductive organ in the front is testis for peeing. While the back (rectum) for defecation.

Keywords: Sex Education, Toilet Training, Early Childhood

Referensi

A, J., Marmawi, & Astuti, I. (2014). Pelaksanaan Toilet Training Pada Anak Usia 4 -5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Negeri Selimbau. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(3), Article 3. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5040
Alucyana, A., Raihana, R., & Utami, D. T. (2020). Urgensi Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 71–87. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i1.5451
Andriyani, S., & Sumartini, S. (2019). Pandangan Orang Tua Tentang Pelaksanaan Toilet Training Berdasarkan Karakteristik Pendidikan Dan Pekerjaan Pada Anak Usia Toodler Di Kota Cimahi. 15(2), 12.
Atiqah, M., Astuti, I., & Miranda, D. (2015). Penggunaan Toilet Training Untuk Pengenalan Pendidikan Seks Pada Anak Usia 4-5 Tahun TK Pembina. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(1), Article 1. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8818
Gilbert, J. (2003). Latihan toilet: Panduan melatih anak untuk mengatasi masalah toilet. Erlangga.
Habibi, M. M. (2018). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini (Buku Ajar S1 PAUD). Deepublish.
Hasanah, L. (2019). Pelaksanaan Toilet Training Pada Siswa Tunarungu Kelas Taman 1 Di SLB B Karnnamanohara. WIDIA ORTODIDAKTIKA, 8(4), 429–438.
Hasanah, U. (2017). Pola Asuh Orangtua Dalam Membentuk Karakter Anak. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 72–82.
Hasanah, U. (2018). Metode Pengembangan Moral dan Disiplin Bagi Anak Usia Dini. Martabat, 2(1), 91–116.
Indrawati, T. (2010). Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training dan Pelaksanaan Toilet Training pada Balita Usia 18- 36 Bulan. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 5(2), 120–126.
Irawan, H., & L, I. D. (2017). Motivasi Ibu Tentang Toilet Training Pada Anak Usia I-3 Tahun Di Wilayah Kerja Posyandu Dahlia Puskesmas Campurejo Kota Kediri. Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(2). https://doi.org/10.32831/jik.v1i2.22
Komariah, K., Mulyanto, A., & Nurapriani, R. (t.t.). Pengaruh Toilet Training Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Di TKQ Al-Huda Antapani Wetan Tahun Ajaran 2017-2018. 3, 16.
Kurniawati, D. (2018). Pengetahuan Ibu Dengan Toilet Training Pada Anak Usia Toddler (1-3 Tahun). Jurnal Ilmiah Kesehatan, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.35952/jik.v7i1.112
Meysialla, L. N., & Alini, A. (2018). Hubungan Pola Asuh Ibu Dengan Kemampuan Toilet Training Pada Anak Usia 12-24 Bulan Di PAUD Buah Hati Kampar Tahun 2018. Jurnal Ners, 2(2), Article 2. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ners/article/view/188
Mukti, A. (2016). Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini Perspektif Islam. Jurnal Harkat : Media Komunikasi Gender, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.15408/harkat.v12i2.7562
Natasya, E. P., Aini, W., & Ismaniar, I. (2018). Gambaran Pelaksanaan Toilet Training oleh Guru di PAUD Duta School Gunung Pangilun Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(2), 224–231. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.10256
Nur Fajriyah, M. K. (t.t.). Pembelajaran Toilet Training dalam Melatih Kemandirian Anak | JECED: Journal of Early Childhood Education and Development. Diambil 12 September 2020, dari http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JCED/article/view/481
Nurlaili, N. (2011). Pendidikan Seks Pada Anak. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 10(1), 73–88. https://doi.org/10.24014/marwah.v10i1.487
Santoso, R. (2015). Cara Cepat Toilet Training Untuk Sang Buah Hati: Informasi lengkap, mudah dilakukan, dan efektif bagi orang tua muda untuk melatih anak menggunakan toilet. Cahaya Media.
Sari, I. I., Ekawaty, F., & Saputra, N. E. (2020). Hubungan Kesiapan Anak Dengan Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia Toddler. 1, 11.
Setiawan, A. A., Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
Simbolon, N. U., Ramie, A., & Hammad. (2018). Studi Deskriptif Pengetahuan Ibu tentang Toilet Training pada Anak Usia Toddler (1-3 Tahun) di Paud Terpadu Citra Indonesia Banjarbaru. Jurnal Forum Kesehatan, 8(1), 15–22.
Solihin, S. (2015). Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 56–73. https://doi.org/10.30870/jpsd.v1i2.695
Suciati, S. (2018). Peran Orang Tua dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 358–374. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3480
Sumadji, S. (1981). Pendidikan Seks di Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7388
Suryabrata, S. (2014). Metodologi Penelitian. PT. Raja Grafindo Persada.
Suryati, & Pratiwi, N. A. (2019). Hubungan Sikap Ibu Dengan Kesiapan Toilet Training Di Paud Avicena Yogyakarta. MEDIA ILMU KESEHATAN, 8(2), 155–161. https://doi.org/10.30989/mik.v8i2.306
Tentama, F., Tarnoto, N., & Pranungsari, D. (2017). Pelatihan Tumbuh Kembang Anak untuk Meningkatkan Ketrampilan Stimulasi Orang Tua Anak Usia Dini. Buletin Udayana Mengabdi, 1–6.
Wasliah, I. (2020). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training Dengan Pelaksanaan Toilet Training Pada Anak Toddler Di Kelurahan Karang Pule Kota Mataram. PrimA : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 6(1), Article 1. http://id.stikes-mataram.ac.id/e-journal/index.php/JPRI/article/view/161
Widiawati, W., Marlina, S., & Yaswinda, Y. (2020). Pelaksanaan Toilet Training Anak Di Pendidikan Anak Usia Dini Islam Nibras Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.417
Wijaya, D. G., Bangsa, P. G., & Christianna, A. (2015). Perancangan Buku Interaktif Tentang Toilet Training Anak Usia 1-3 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 12.

Unduhan

Diterbitkan

2021-01-07