Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Block Letters Terhadap Kemampuan Pengenalan Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.32332/9k2yn705Kata Kunci:
Anak Usia Dini, Pengenalan Huruf, Media PembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media pembelajaran interaktif menggunakan huruf balok terhadap kemampuan pengenalan huruf anak usia 4–5 tahun. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen menggunakan struktur kelompok kontrol non-ekivalen. Penelitian ini melibatkan 16 anak yang dibagi secara merata ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, evaluasi pre-test dan post-test, serta dokumentasi. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan media huruf balok, sedangkan kelompok kontrol menggunakan poster alfabet. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan pengenalan huruf pada anak-anak yang belajar dengan media huruf balok. Peningkatan terlihat pada kemampuan mengenali bunyi huruf, mengidentifikasi bentuk huruf, dan menemukan huruf dalam kata. Analisis statistik menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank menunjukkan tingkat signifikansi (2-tailed) kurang dari 0,05, yang menegaskan bahwa media huruf balok berpengaruh positif terhadap pengenalan huruf pada anak usia dini. Penelitian ini menyarankan penggunaan alat pembelajaran interaktif berbasis permainan untuk mendukung perkembangan literasi awal.
Referensi
Ar, U. M., & Ilyas, S. N. (2024). Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Mengenal Simbol Huruf Menggunakan Media Tutup Botol Di Tkit Mutiara. 5(2), 55–62. DOI: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v5i2.3142
Asti, A. S. W. (2021). Pengembangan Media Busy Book Pada Guru Paud Di Kecamatan Pattalassang Kabupaten Takalar. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11–16. DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v1i1.19579
Cahyati, U., Karta, I. W., & Astawa, I. M. S. (2022). Improving Language Skills Of 5-6 Years Old Children With Storytelling Method And Picture Word Card Media. Journal For Lesson And Learning Studies, 5(2), 252–258. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v5i2.52329
Heryani, K. H. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 75–94. Artikel: https://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/view/163
Ilma, N., & Pudjawan, I. K. (2021). Model Pembelajaran Tps (Think-Pair-Share) Berbantuan Media Kartu Huruf Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 150–157. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.15739
Kurnia, R., Nurialistiawati, M., Syamsuardi, & Herman. (2022). Pengaruh Permainan Mencari Jejak (Maze) Terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 10(4), 291–301. Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Kumara Artikel: https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/62572
Marzuki, S. L., Asti, A. S. W., Lismayani, A., Pendidikan, G., Usia, A., & Makassar, U. N. (2024). Pengaruh Permainan Media Scrabble Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Manggarupi. 8, 25213–25220. Artikel: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/16081
Masyithoh, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melaluimedia Balok Huruf Pada Kelompok B Tk Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2). DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12377
Mudarlis, Y., Wirman, A., & Padang, U. N. (2025). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Tutup Botol Di Paud Nusa Indah Kota Sawahlunto Pengenalan Huruf Pada Anak Usia Dini Kemampuan Mengenal Huruf Merupakan Tahap Perkembangan Anak Dari Belum Tahu Nasional Republik Indonesia No 58 Tahun 2009. DOI: https://doi.org/10.47861/khirani.v3i1.1557
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadits Syari'ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171-210. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Novi Saleky, Lokollo, H. A. (2023). The Use Of Letter Block Media In Improving The Language Skills Of Children Aged 5-6 Years In Paud Sinar Leksula Village Leksula Buru Selatan District. (Ijeit), 387–396. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.8395830
Prasetyo, D. A., & Nugraheni, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Pada Pokok Bahasan Luas Dan Keliling Bangun Datar Berbantuan Software Synfig Di Sdn Denanyar 3. Jagomipa: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 4(1), 127-135. DOI: https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i1.461
Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Bergambar Bagi Anak Usia Dini Dalam Bingkai Islam Dan Perspektif Pakar Pendidikan. Kindergarten: Journal Of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173-187. DOI: https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12245
Rusmayadi, Musi, M. A., Ilyas, S. N., & Chafidah, N. (2023). Pengaruh Pjbl Terhadap Kemampuan Literasi Baca Tulis Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Tunas Siliwangi, 9(1), 17–23. DOI: https://doi.org/10.22460/ts.v9i1.3376
Ruslan, Z. A. (2024). Pengaruh Media Alphabet Flipchart Terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Bulukumba. Artikel: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/14125
Rosmalina, R., Nistrina, K. N., Kamilah, W. N., & Rahayu, S. D. (2024). Peningkatan Kemampuan Digitalisasi Guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (Bhakti Jivana), 1(3), 138–145. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.8395830
Rosa Erlina Sari, P. (2017). Penggunaan Alat Permainan Balok Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Pada Kelompok B. Jurnal Audi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi Ar, U. M., & Ilyas, S. N. (2024). Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Mengenal Simbol Huruf Menggunakan Media Tutup Botol Di Tkit Mutiara. 5(2), 55–62. DOI: https://doi.org/10.31331/sencenivet.v5i2.3142
Asti, A. S. W. (2021). Pengembangan Media Busy Book Pada Guru Paud Di Kecamatan Pattalassang Kabupaten Takalar. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11–16. DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v1i1.19579
Cahyati, U., Karta, I. W., & Astawa, I. M. S. (2022). Improving Language Skills Of 5-6 Years Old Children With Storytelling Method And Picture Word Card Media. Journal For Lesson And Learning Studies, 5(2), 252–258. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v5i2.52329
Heryani, K. H. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 75–94. Artikel: https://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/view/163
Ilma, N., & Pudjawan, I. K. (2021). Model Pembelajaran Tps (Think-Pair-Share) Berbantuan Media Kartu Huruf Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 150–157. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.15739
Kurnia, R., Nurialistiawati, M., Syamsuardi, & Herman. (2022). Pengaruh Permainan Mencari Jejak (Maze) Terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 10(4), 291–301. Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Kumara Artikel: https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/62572
Marzuki, S. L., Asti, A. S. W., Lismayani, A., Pendidikan, G., Usia, A., & Makassar, U. N. (2024). Pengaruh Permainan Media Scrabble Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Manggarupi. 8, 25213–25220. Artikel: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/16081
Masyithoh, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melaluimedia Balok Huruf Pada Kelompok B Tk Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2). DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12377
Mudarlis, Y., Wirman, A., & Padang, U. N. (2025). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Tutup Botol Di Paud Nusa Indah Kota Sawahlunto Pengenalan Huruf Pada Anak Usia Dini Kemampuan Mengenal Huruf Merupakan Tahap Perkembangan Anak Dari Belum Tahu Nasional Republik Indonesia No 58 Tahun 2009. DOI: https://doi.org/10.47861/khirani.v3i1.1557
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadits Syari'ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171-210. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Novi Saleky1, Lamberthus. J. Lokollo2, H. A. (2023). The Use Of Letter Block Media In Improving The Language Skills Of Children Aged 5-6 Years In Paud Sinar Leksula Village Leksula Buru Selatan District. (Ijeit), 387–396. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.8395830
Prasetyo, D. A., & Nugraheni, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Pada Pokok Bahasan Luas Dan Keliling Bangun Datar Berbantuan Software Synfig Di Sdn Denanyar 3. Jagomipa: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 4(1), 127-135. DOI: https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i1.461
Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Bergambar Bagi Anak Usia Dini Dalam Bingkai Islam Dan Perspektif Pakar Pendidikan. Kindergarten: Journal Of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173-187. DOI: https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12245
Rusmayadi, Musi, M. A., Ilyas, S. N., & Chafidah, N. (2023). Pengaruh Pjbl Terhadap Kemampuan Literasi Baca Tulis Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Tunas Siliwangi, 9(1), 17–23. DOI: https://doi.org/10.22460/ts.v9i1.3376
Ruslan, Z. A. (2024). Pengaruh Media Alphabet Flipchart Terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Bulukumba. Artikel: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/14125
Rosmalina, R., Nistrina, K. N., Kamilah, W. N., & Rahayu, S. D. (2024). Peningkatan Kemampuan Digitalisasi Guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (Bhakti Jivana), 1(3), 138–145. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.8395830
Rosa Erlina Sari, P. (2017). Penggunaan Alat Permainan Balok Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Pada Kelompok B. Jurnal Audi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi Paud, 2(2), 83-90. Artikel: https://repository.ar-raniry.ac.id/19729/1/Sri%20Munika%2C%20150210090%2C%20FTK%2C%20PIAUD%2C%20082276326779.pdf
Royani, A., & Muafia, E. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Interaktif Pada Materi Huruf Hijaiyah Bersambung Dan Harakat Di Kelas Ii Sd Negeri 1 Plalangan Situbondo. Journal Of Pedagogical And Teacher Professional Development, 1(1), 160-169. DOI: https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i1.29
Sari, J. K., & Aulina, C. N. (2024). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Seruf (Serok Huruf) Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 16-16. DOI: https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.708
Sugiarti, T. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Cetak Subtema “Air” Untuk Kelas 2 Sd (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta). repository.unj.ac.id/3437/1/Tri%20Sugiarti%201215110546.pdf
Surtika, T., Sumardi, S., & Yasbiati, Y. (2020). Pengaruh Media Puzzle Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok A Di Tk Ar-Rahman Kecamatan Sukahening. Jurnal Paud Agapedia, 3(1), 101-111. DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v3i1.26672
Setiyawati, A., Suci Wulandari, R., & Novitasari, L. (2021). Pencapaian Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Selama Pembelajaran Daring Di Masa Covid-19. Jurnal Mentari, 1, 51–59. Artikel: https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/124
Sofiandira, V. T., Anindia, D., & Widiasttuti, S. (2023). Development Of Alphabet Block Media For Beginning Reading Learning In Class I Elementary School. Josar (Journal Of Students Academic Research), 8(2), 436-450. https://doi.org/10.35457/josar.v8i2.3146
Taib, B. (2017). Penerapan Media Balok Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Huruf Hijaiyah Pada Kelompok B Tk Sandhy Putra Telkom Ternate. Edukasi-Jurnal Pendidikan, 15(1), 707-716. DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v15i1.464
Vukašinović, N., Serif, M., & Bacete, L. (2023). Cracking The Green Wall Code: Insights Into Cell Wall Integrity Across Organisms. Frontiers In Plant Physiology, 1, 1323899. DOI: 10.3389/fphgy.2023.1323899
Yatika, I., & Zultiar, I. (2024). Jurnal Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Balok Huruf Di Ra Zahara Kota Sukabumi: Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Balok Huruf Di Ra Zahara Kota Sukabumi. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 42-48. DOI: https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol6.no2.a10029
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Mutiara Mutiara, Siti Nurhidayah Ilyas, Sri Wahyuni Asti, Nurul Jamiah Sidiq

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License