Wayang Kertas Sebagai Media Jembatan Ajaib Bagi Anak-Anak Dalam Mengembangkan Keterampilan Mendengarkan

Authors

  • Desmita Desmita Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Adella Kharisma Diyenti Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Arsyizahma Wita Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v4i1.8588

Keywords:

Pepar Puppets, Children, Listening Skills

Abstract

Penelitian ini membahas peran penting Wayang Kertas sebagai jembatan ajaib bagi anak-anak dalam menguasai keterampilan mendengarkan. Pembahasan mencakup bagaimana bentuk tradisional cerita ini menjadi sarana untuk meningkatkan kemampuan anak-anak dalam mendengarkan, memahami, dan terlibat dalam cerita. Studi ini mengeksplorasi cara wayang kertas menarik minat audiens muda, menciptakan lingkungan yang mendukung untuk mengasah kemampuan mendengarkan yang krusial sejak dini. Metode yang digunakan adalah studi tinjauan literatur. Berdasarkan hasil studi, ditemukan bahwa: Pemanfaatan jenis wayang sebagai medium, berbagai jenis wayang dari modifikasi dan pengembangan, berbagai tujuan penggunaan, dan berbagai sasaran penggunaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Wayang Kertas menjadi media belajar anak yang menarik dan dapat meningkatkan kemampuan mendengar anak.

References

Agustin, N. (2019). Penggunaan media wayang kertas untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita melalui metode demonstrasi peserta didik kelas II SD Muhammadiyah Benjeng …. eprints.umg.ac.id. http://eprints.umg.ac.id/3364/
Anggraeni, Y., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Pengaruh Pola Komunikasi Keluarga Terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Query date: 2023-12-23 02:23:54.
Anisa, F. (2021). Pengaruh Pembelajaran Aktif Berbantuan Media Wayang Kertas Terhadap Ketrampilan Berbicara Siswa. Prosiding University Research Colloquium, Query date: 2023-12-23 01:57:36. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/download/1826/1793
Azis, M., & Asnawi, A. (2023). Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak Usia Prasekolah terhadap Perkembangan Perilaku Prososial. Al-Ihath: Jurnal Bimbingan dan …, Query date: 2023-12-23 02:23:54. http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/jbki/article/view/320
Dewi, N. (2020). Membangun Komunikasi Dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Query date: 2023-12-23 02:23:54. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/77
Dumaini, N., & Ardhiani, G. (2023). Pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan media wayang kertas terhadap keterampilan berbicara bahasa indonesia. Lampuhyang, Query date: 2023-12-23 01:57:36. https://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/356
Fatimah, F., & Mahmuddin, M. (2021). Meningkatkan Aspek Bahasa Dalam Memahami Cerita Menggunakan Model Story Telling Dan Role Playing Dengan Media Wayang Kertas. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini …, Query date: 2023-12-23 01:57:36. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jikad/article/view/4272
Ginanjar, S., Widyawan, D., & Faruqi, H. (2023). Systematic Literature Review: Sports in Early Childhood in Indonesia. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 11(5), 1140–1149. https://doi.org/10.13189/saj.2023.110523
Kurnia, E., & Dewi, E. (2019). Upaya Mengembangkan Membaca Pemula Anak Melalui Media Visual Wayang Kertas Di Paud Pada Kelompok B. Journal on Education, Query date: 2023-12-23 01:57:36. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/425
Putri, S. (2019). PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPER PUPPETS (WAYANG KERTAS) PADA SISWA TUNARUNGU KELAS …. WIDIA ORTODIDAKTIKA, Query date: 2023-12-23 01:57:36. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/plb/article/view/16204
Rahmawati, I., Purwati, P., & ... (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Cerita Fiksi menggunakan Model Problem Based Learning berbantuan Wayang Kertas di Kelas IV SDN …. WASPADA (Jurnal …, Query date: 2023-12-23 01:57:36. https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/waspada/article/view/467
SAID, A. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KERTAS TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD …. repository.unibos.ac.id. https://repository.unibos.ac.id/xmlui/handle/123456789/4451
Suri, M., & Nelliraharti, N. (2019). Intensitas komunikasi ibu hamil terhadap janin sebagai rangsangan pendengaran dan perkembangan otak dalam perkenalan kosakata. Journal of education science, Query date: 2023-12-23 02:23:54. http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/584
TRI, R. (2020). Pengaruh Alat Peraga Wayang Kertas Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas III SDN 5 Jenggala Tahun Pelajaran 2019/2020. repository.ummat.ac.id. http://repository.ummat.ac.id/1253/
Wahyu, H., Betrianita, B., Pramesti, M., & ... (2018). Pengaruh Metode Glenn Doman (Tahap 1 dan 2) terhadap Perkembangan Komunikasi Anak Autisme. Jurnal Keperawatan …, Query date: 2023-12-23 02:23:54. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKS/article/view/306

Downloads

Published

2024-01-17