Penerapan Pendekatan Multisensori Menggunakan Media Loose Part Dalam Menstimulasi Literasi Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Multazam

Authors

  • Ananda Trisnawati Misno Universitas Negeri Makasar
  • Siti Nurhidayah Ilyas Universitas Negeri Makassar
  • Sri Wahyuni Asri Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.32332/fdp83p74

Keywords:

Early childhood literacy, multisensory, Loose parts

Abstract

This study aims to describe the application of multisensory methods using loose parts media to stimulate literacy in children aged 5–6 years at TK Multazam. The research method used is a descriptive qualitative approach with data analysis through 1. Reduction, 2. Presentation of data which is data collection, 3. Verification which is the conclusion. The subjects in this study are the classroom teacher and the school principal. The research results show that: In the implementation of literacy learning at TK Multazam, a multisensory approach combined with the use of loose parts media has proven to be an effective strategy to stimulate the literacy development of early childhood. The results indicate that teachers actively apply this method through activities involving various senses of children such as visual (sight), auditory (hearing), and kinesthetic-tactile (touch movement), and loose parts are an important component of classroom learning. Each class is equipped with various types of loose part materials because loose parts can enhance children's creativity, imagination, and cooperation.

References

Aba bahrun Mustofa, M., & Mukhoyyaroh, T. (2020). Efektivitas Metode Multisensory dalam Meningkatkan Kemampuan Memulai Membaca Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 12(2), 139–152. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol12.iss2.art6

A. Irmayani, S. P. (2021). Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 19–27. Https://Doi.Org/10.30631/Smartkids.V3i1.72.

Akil Musi, M., Dzulfadhilah, F., & Lismayani, A. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BERMAIN PERAN PADA KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AL BIRUNI MANDIRI JIPANG MAKASSAR. In Jurnal Multidisiplin Inovatif (Vol. 8, Issue 2).

Amal, A., Musi, M. A., & Hajerah, H. (2019). Pengaruh Reggio Emilia Approach dalam Bermain Peran dan Bererita terhadap Kemampuan Bahasa Anak. GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 3(1). https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4831

Atira, Nurhidayah Ilyas, S., & Rusmayadi, R. (2021). Pengaruh Kegiatan Melukis Menggunakan Bahan Bekas terhadap Peningkatan Kreativitaas Anak. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 213–221. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1316

Auliah Rahma, A., Nurhidayah Ilyas, S., & Akil Musi, M. (2023). Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini Implementasi Pembelajaran Bermuatan STEAM Dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal VI Biring Romang. 4(2), 2715–3622. https://doi.org/10.18860/pres.v4i2.21300

Azizah Sriwidari, N., & Mashar, R. (2021). MEDIA LOOSE PARTS DAPAT MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF (Vol. 1, Issue 1).

Fajri basam, S. (2018). METODE PEMBELAJARAN MULTISENSORI VAKT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR SISWA KELAS II. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1, 18–24. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd

Hajerah, S. H. (2019). PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan bahan bekas pada Guru TK di Kabupaten Maros.

Herlina, E. S. (2019). MEMBACA PERMULAAN UNTUK ANAK USIA DINI DALAM ERA PENDIDIKAN 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5.

Ilyas, S. N., & Lismayani, A. (2023). Implementation of Differentiated Learning at TK Islam Plus E-School. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(4), 586–591. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline2174

Kurnia, R. R., & Pendidikan Guru Pendidikan Anak usia Dini, J. (2024). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5-6 Tahun. In ECEJ: Early Childhood Education Journal journal.ininnawaparaedu.com (Vol. 01, Issue 02).

Lismayani, A., Pratama, M. I., Amriani, R., Dzulfadillah, F., Pendidikan, C. A., & Pendidikan, G. (2023). CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education Pengaruh Media Loose Part terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. https://e-journal.my.id/cjpe

Lismayani, A., Rahmi, S., Rika Amriani, S., Isbar Pratama, M., & Author, C. (2023). Pengembangan Model Permainan Scrabble Sederhana untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. https://e-journal.my.id/cjpe

Meilina Ria Ni Putu, C. E. I. M. L. I. P. (n.d.). Model Pembelajaran Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABCD School. 2023.

Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2024). PENGARUH METODE MULTISENSORI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Kumara Cendekia, 11(4), 326. https://doi.org/10.20961/kc.v11i4.64646

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Novita Eka Nurjanah. (2020). JURNAL AUDI Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD PEMBELAJARAN STEM BERBASIS LOOSE PARTS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI Novita Eka Nurjanah. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3672

Novitasari, K., & Utami, N. R. (2022). ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTISENSORI UNTUK STIMULASI KEMAMPUAN LITERASI AWAL ANAK USIA DINIA.

Nurhidayah Ilyas, S., Amal, A., Sri Wahyuni Asti, A., & Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, J. (2024). PKM PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA LOOSE PARTS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI (Vol. 01, Issue 02). www.OECD.org

Nur Maulida, D., Labiba Kusna, S., & Puspitasari, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Koper Literasi untuk Menstimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 568–579. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.330

Oktavia Lestari, M., & Karim Halim, A. (2022). Penggunaan Media Loose Part dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Tunas Harapan. Jurnal Family Education, 2(3), 271–279. https://doi.org/10.24036/jfe.v2i3.69

Puspitasari, I., & Watini, S. (2022). Penerapan Model ATIK Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Anak Usia Dini Melalui Media Menggambar di Pos PAUD Flamboyan I. 3, 387–398. http://jurnaledukasia.org

Rahma, B. A., Kustiono, K., & Setiawan, D. (2023). Penerapan Merdeka Belajar dengan Media Berbahan Loose Part pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3991–4001. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4926

Rahmasri, F., Nurhidayah Ilyas, S., & Herman, D. (2021). PENERAPAN MEDIA PERMAINAN SIRKUIT WARNA GEMBIRA DALAM MENSTIMULASI MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MENTARI BONTOA.

Retnowati Ningrum Angkotasan, R., & Sukma Nugrahani, A. (2023). ©JP-3 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran ©Rahma Inovasi Pembelajaran Matematika dengan Metode Multisensori: Tindakan Kelas Pada Siswa Tunarungu di Sekolah Dasar Luar Biasa. In Retnowati Ningrum Angkotasan (Vol. 5, Issue 2).

Rohmat Indra Borman, A. S. P. (2018). GAME PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK AUTIS DENGAN PENERPANPENDEKATAN EDUKASI MULTISENSORI. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2018 ISSN : 2302-3805 UNIVERSITAS AMIKOM Yogyakarta, .

Rusmayadi1, M. A. M. S. N. I. N. C. (2023). Pengaruh PjBL Terhadap Kemampuan Literasi Baca Tulis Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Tunas Siliwangi.

Sri Rika Amriani. (2023). Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Lego Di Taman Kanak-Kanak Minasa Upa Makassar.

Sri Wahyuni Asti, A., Sugiarti, T., Kurnia, R. R., Alim Amri, N., Negeri Makassar, U., Muhammadiyah Makassar, U., Kunci, K., & Bermain, K. (2025). PENGEMBANGAN LITERASI ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN: STUDI KASUS DI TAMAN KANAK-KANAK INSAN CITA MASAMBA LUWU UTARA. 5(1). https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JMP/index

Utami, S., & Dewi, S. (2015). PENGARUH METODE MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELAS AWAL SEKOLAH DASAR.

Utomo, W. T., Waroka, L. A., & Sembada, A. D. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Multisensori dan Media Flashcard terhadap Peningkatan Kemampuan Pramembaca Anak. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), 135. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1195

Yeni Surtikayati, & Rudi Ritonga. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Multisensori Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, Dan Terapan Teknologi, 2(2), 53–62. https://doi.org/10.58797/pilar.0202.02

Yuniasih, D., & Watini, S. (2022). Penerapan Model ATIK dalam Meningkatkan Kemapuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Lego di RA AL Fikri Klari. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1651. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1651-1658.2022

Published

2025-06-27