-

المؤلفون

  • Sarah Ayu Ramadhani Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Senja Rahma Sari Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Muslim Basyar Universitas Muhammadiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32332/wym8pg66

الكلمات المفتاحية:

Madrasatul ūlā, Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini, Wanita Karier.

الملخص

Permasalahan akhlak merupakan masalah yang sering muncul pada era modern ini. Seringkali kita temui bentuk penyimpangan akhlak anak diantaranya perilaku bully dan tawuran antar remaja, perilaku tidak jujur, perilaku tidak hormat; berbicara kasar dan tidak menghargai orantua dan guru, dan perilaku anti sosial. Permasalahan tersebut sudah sepatutnya menjadi fokus pembenahan bagi orangtua dalam keluarga. Orangtua bertanggungjawab memberikan pendidikan termasuk pendidikan akhlak kepada anak. Orangtua diharapkan menjadi poros utama pemberian pendidikan bagi anak sejak usia dini. Seorang penyair Arab terkenal bernama Hafiz Ibrahim mengatakan sebuah pepatah yang Artinya: “Ibu itu ibarat Madrasah (sekolah) pertama,  jika engkau persiapkan ia dengan baik, berarti engkau telah menyiapkan suatu bangsa dengan dasar yang baik.”. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peran ibu sebagai Madrasatul Ūlā dalam pendidikan akhlak anak pada usia dini di keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Ibu  yang bekerja di luar rumah (ibu karier) dan mempunyai anak usia dini. Tempat penelitian di Kelurahan Purwoasri , Metro Utara. Pengumpulan data dengan teknik wawancara dan observasi, dengan analisis menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ibu telah melakukan perannya sebagai “madrasatul ūlā” dalam mendidik akhlak anaknya di usia dini yang terlihat dari proses pendidikan yang dilakukan dalam mendidik akhlak anak terhadap Allah SWT, akhlak terhadap Rasulullah SAW, orang tua, diri sendiri dan masyarakat.

المراجع

Abdul, M. R. (2020). Ibu Sebagai Madrasah Bagi Anaknya: Pemikiran Pendidikan R.A. Kartini. Journal of Islamic Education Policy, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.30984/jiep.v5i2.1350
Adam, A. (2020). Peran Ibu Dalam Pembentukan Karakter Anak. AL-WARDAH: Jurnal Kajian Perempuan, Gender Dan Agama, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.46339/al-wardah.v13i2.209
Ardiyanti, S. (2022). Pentingnya Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.47006/er.v6i2.13166
Hidayah, F., Maharani, D., & Hidayatullah, J. S. (2023). Peran Ibu Sebagai Madrasatul Ula Dalam Pendidikan Akhlak Anak (Studi Kasus Wanita Karier Di Jawa Tengah Indonesia). Wasathiyah : Jurnal Studi Keislaman, 4(1), Article 1. https://e-journal.stishid.ac.id/index.php/wasathiyah/article/view/190
Jaujah, R., & Qibtiyah, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini: (Studi Kasus Guru Berkeluarga di Lingkungan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan). Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.36835/syaikhuna.v12i1.4300
Lestari, N. D., Umarella, S., & N, R. (2023). PERAN WANITA KARIR DALAM MENDIDIK ANAK PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) AMBON. Jurnal Studi Islam, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.33477/jsi.v12i1.4914
Lubis, M. S. A., & Harahap, H. S. (2021). PERANAN IBU SEBAGAI SEKOLAH PERTAMA BAGI ANAK. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.32696/jip.v2i1.772
Masitoh, S., Gussevi, S., & Tabroni, I. (2021). Peran Wanita Karir dalam Pendidikan Anak. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(02), Article 02. https://doi.org/10.52593/pdg.02.2.04
Mislaini, M., Hoktaviandri, H., & Muliati, I. (2020). PERAN IBU SEBAGAI PENDIDIK DALAM KELUARGA. Jurnal Kawakib, 1(1), 64–83. https://doi.org/10.24036/kwkib.v1i1.14
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung). Remaja Rosdakarya.
Nisak, K. (2022). Peranan Ibu Terhadap Anak dalam Pendidikan Islam di Era Globalisasi. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i2.4373
Oktaviana, A., Marhumah, M., Munastiwi, E., & Na’imah, N. (2022). Peran Pendidik dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5297–5306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2715
Pahlawati, E. F. (t.t.). PERANAN ORANG TUA TERHADAP AKHLAK ANAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM.
Riami, R., Habibi Muhammad, D., & Susandi, A. (2021). Penanaman Pendidikan Akhlak pada Anak Usia Dini Menurut Ibnu Miskawaih dalam Kitab Tahdzibul Akhlak. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(02), 10–22. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.549
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Bandung). Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Memehami Penelitian Kulaitatif (Bandung). Alfabeta.
Zidniy Alfi Zakiyyatin Nabila & Ashif Az Zafi. (2020). FIQIH WANITA KONTEMPORER (WANITA KARIER). TAFAQQUH: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah dan Ahawl as Syahsiyah. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/tafaqquh/article/view/3808/2749

التنزيلات

منشور

2024-07-30