Pengembangan Media Pohon Pintar Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun

-

المؤلفون

  • Ega Andriani Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Revina Rizqiyani Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/x85xvb59

الكلمات المفتاحية:

Smart Tree Media، Cognitive، Early Childhood

الملخص

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk meningkatkan kognitif dalam berpikir logis pada anak usia 4-5 tahun dengan  mengembangkan media  pembelajaran pohon pintar yang  valid  dan menarik.  Penelitian  ini  dilakukan  di TK IT Bina Ilmu Sekampung. Subjek  penelitian  ini  adalah  peserta didik pada kelompok A yang berjumlah 25 orang.  Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian resarch development dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi : (1) Analisis (analysis) (2) Desain (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), (5) Evaluasi (Evaluation). Hasil validasi oleh validator dan uji coba produk menunjukkan bahwa media pohon pintar untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis pada anak usia 4-5 tahun sangat layak digunakan. Hal tersebut diperoleh berdasarkan persentase masing-masing diantaranya yaitu ahli media sebesar 93,75%, ahli materi sebesar 90,00% respons guru sebesar 93,75%, respons peserta didik sebesar 90,16%, dan semua hasilnya termasuk dalam kategori Sangat Layak. Simpulan dalam penelitian ini yaitu media pohon pintar untuk meningkatkan kognitif layak digunakan pada saat proses pembelajaran anak usia 4-5 tahun. 

المراجع

Batarisaf, N. P. T., Amal, A., & Herman, H. (2024). Pengaruh Memory Game Menggunakan Geometrik Shapes Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Journal Of Education Research, 5(3), 2810–2818.

Batul, R. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Pintar Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Promosi Produk Kelas X Bisnis Daring Dan Pemasaran Smk Negeri 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Volume 06 Nomor 04.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat Dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal Of Student Research (JSR), Vol. 1,(2).

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38.

Hosny, D. (2023). The Effectiveness Of A Counseling Program Based On The Cognitive Load Theory In Developing Logical Thinking For Kindergarten Children. International Journal Of Childhood Education, 4(1), 67–81. Https://Doi.Org/10.33422/Ijce.V4i1.418

Junianto, L., Muhammadiah, M., & Ning Utami, R. (2024). Metodologi Research And Development (Teori Penerapan Metodologi Rnd). PT. Sonpedia Publihing Indonesia.

Keitimu, T. A., Bera, L., & Mbari, M. A. F. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Dengan Mengunakan Media Pohon Pintar Pada Siswa Kelas 1 SDK Wegoknatar. Journal On Education, 5(3), 6688–6696.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Penerbit Gunung Samudera.

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 5 Nomor 1.

Mais, A. (2018). Media Pembelajaran. Cv. Pustaka Abadi.

Manan, A. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Pohon Pintar Ppkn Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. 1(3).

Martiningsih, T. W., & Mahmudah, W. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Melalui Permainan Pohon Pintar Pada Kelompok A (Usia 4-5tahun) Di Ra Raudlatul Ulum Kotalon Batah Timur Kwanyar Bangkalan. Atthufulah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 93–98.

Mayasari, Y., Mappapoloenro, A. M., & Iriansyah, H. S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Pohon Pintar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Noor, F. A. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Raudlatul Athfal (RA). SELING: Jurnal Program Studi PGRA, Volume 4 Nomor 2 Juli 2018, 169–180.

Nuraeni, F. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Kepada Anak Usia 4-6 Tahun Di Paud Nurul Hikmah. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(2), 325–339.

Purnamasari, N. I., & Yusma, N. A. (2021). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Melalui Kegiatan Bermain Warna. Journal Of Early Childhood Education Studies, 1(2), 37–71.

Purwaningsih, I., Hernawati, L., Wardarita, R., & Utami, P. I. (2022). Pendidikan Sebagai Suatu Sistem. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, Volume 10 Nomor 1 2022.

Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT REMAJA ROSDAKARYA.

Putra, A., Damayanti, P. S., Srirahmawati, I., & Purnawati, S. (2022). Pengembangan Media Bagan Pohon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 6(2), 85. https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.85-93

Ulfa, M., & Na’imah, N. (2020). Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.45

Umam, A. K., Rizqiyani, R., Aneka, & Cahyo, E. D. (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Berbasis Kajian Teoretis dan Studi Empiris. Idea Press Yogyakarta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 14.

منشور

2024-12-23