Pengaruh Penerapan Metode Bercerita Melalui Buku Cerita Bergambar Terhadap Konsentrasi Belajar Anak

المؤلفون

  • Yuniarti Yuniarti Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Noviana Rafikah Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Sutrisno Sutrisno Universitas Muhammadiyah Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v4i1.7985

الكلمات المفتاحية:

Metode, Bercerita, Cerita Bergambar, Konsentrasi

الملخص

Penelitian ini di dasari oleh kesulitan anak berkonsentrasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi belajar pada anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan metode bercerita melalui buku cerita bergambar. Pelaksanaan metode pembelajaran yang digunakan dengan metode bercerita tanpa menggunakan media yang menarik dan bervariasi, membuat peserta didik kurang tertarik dan antusias dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini tersebut menyebabkan peneliti tertarik untuk memberikan metode bercerita melalui buku cerita bergambar untuk membantu perkembangan konsentrasi belajar anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan rancangan bentuk desain Pra-Exspremental Design (non-design). Pengambilan sampel menggunakan teknik scoring pada lembar checklist pre-test dan pos-test, sampel penelitian terdiri dari kelas B4 dengan jumlah 17 orang anak. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji normalitis dan hipotesisi Uji t (taraf nyata) dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat dilihat dari nilai sig (2-tailed) = 0,000 sedangkan 0,05 (0.00<0,05) maka Ha di terima dan Ho di tolak dengan perbandingan rata-rata pre-test 5, dan pos-test 8,23. Dapat disimpulkan bahwa konsentrasi belajar anak kelas B4 terdapat pengaruh yang signifikan dengan metode bercerita melalui buku cerita bergambar terhadap konsentrasi belajar anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Pontianak Selatan.

المراجع

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Metode Bercerita. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 103–111.
Cecep, C., Thosin Waskita, D., & Sabilah, N. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 63–70. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.313
Chalidaziah, W. (2018). Kondisi Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak X. Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 24–28. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v1i1.771
Fadlilah, M. (2016). September 2016 ISSN 2528-004X KOMPARASI PERMENDIKBUD NOMOR 137 TAHUN 2014 DENGAN PERMENDIKNAS NOMOR 58 TAHUN 2009 DALAM PEMBELAJARAN PAUD M . Fadlillah Dosen PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Ponorogo Email : fadly_ok@yahoo.co.id Abstrak INDRIA , Jurnal Il. Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah Dan Sekolah, 1(1), 57–64.
Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216
Maximization+Tutorial#0%0Ahttps://www2.ee.washington.edu/techsite/papers/documents/UWEETR-2010-0002.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/srep22311%0Ahttp://www.life.um
IAIN. (n.d.). Penelitan Kualitatif dan Kuantitatif. Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif, 1–29.
Iswandi, L. (2019). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Al Mahsuni, 2(1), 16–22.
Jaedun, A. (2011). Oleh : Amat Jaedun. Metodologi Penelitian Eksperimen, 0–12.
JR, R. R., Luthfi, A., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 39–51. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.5
Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683
Rozi, F., & Siti Rahayu, S. (2022). Implementasi Media Gambar Ilustrasi Naturalis dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak. Manazhim, 4(2), 505–516. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1924
Salingkat, S., Bidjai, T., & Yalumani, F. (2022). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya Meningkatkan Kosentrasi Belajar Anak Usia Dini. Damhil Education Journal, 2(2), 96. https://doi.org/10.37905/dej.v2i2.1590
Setyani, M. R., & Ismah. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar. Pendidikan Matematika, 01, 73–84.
Sugiyono.(2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif.Ed Ke 2. Bandung: Alfabeta.
Setyanto, A. E. (2013). Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 3(1), 37–48. https://doi.org/10.24002/jik.v3i1.239
Wirsa, K., & Saridewi, S. (2020). Studi Deskriptif Pengaruh Metode Bercerita Bilingual Terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 71–76. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-04
Wulandari, R. (2021). Pemanfaatan Media Buku Cerita Bergambar Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahundipaud Kober Harapan Jaya Kecamatan Gedung Meneng Tulang Bawang. 17.

التنزيلات

منشور

2023-11-13