Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok B Melalui Metode Bercerita Di BA ‘Aisyiyah Beku Klaten

المؤلفون

  • Nurahmawati Nurahmawati STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta, Indonesia
  • Ihda A'yunil Khotimah STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta, Indonesia
  • M. Rofi Fauzi STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v4i1.7039

الكلمات المفتاحية:

Bahasa، Cerita، Anak Usia Dini

الملخص

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Metode Bercerita dalam meningkatkan perkembangan  bahasa pada anak dan untuk mengetahui peningkatan perkembangan bahasa anak  setelah menggunakan Metode Bercerita  pada kelompok B di BA ‘Aisyiyah Beku, Karanganom, Klaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan 4 langkah penelitian yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu pertama penerapan bercerita dilakukan dengan tahapan pengkondisian anak, anak diminta memperhatikan cerita dengan tema bencana alam. Untuk mengetahui keberanian anak, guru meminta anak untuk tampil di depan kelas dan menjawab pertanyaan guru tentang isi cerita. Untuk mengetahui kelancaran berbahasa anak, guru memberikan tugas pada anak menyebutkan kalimat sederhana 4-6 kata dengan lancar dan dalam menceritakan kembali, guru memberi kesempatan pada anak untuk menceritakan kembali cerita tersebut. Kedua, peningkatan kemampuan berbahasa setelah diberikan tindakan penggunaan Metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada kelompok B di BA Aisyiyah Beku. Hal ini terlihat dari sebelum tindakan atau kondisi awal 32,03 %. Siklus I peningkatan kemampuan berbahasa 64,06 % . Siklus II peningkatan  kemampuan berbahasa 85,93 %. Jadi dari tindakan Pra Siklus sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 53,9 %.

المراجع

Dewi, F., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2020). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 238.
Fuziddin, M. (207). Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 44.
Herliana Cendana, D. S. (2022). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 774.
Kasbolah, K. (2016). Praktek Penilitian Tindakan Kelas . Bandung: Alfabeta.
Kurnaesih, E., Nurunnisa, E. C., & Husni. (2017). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI MEDIA CERITA GAMBAR (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok B Raudhatul Athfal Waladun Solihun Desa Imbanagara Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis). Tarbiyat Al-Aulad, 96-97.
Masitah, W., & Hastuti, J. (2017). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelompok B RA Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 121.
Musfiroh, T. (2009). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
Musfiroh, T. (2015). Bermain dan Permainan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Suryadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.

التنزيلات

منشور

2023-12-27