Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini Di TK Rejo Asri
DOI:
https://doi.org/10.32332/ijigaed.v3i2.6985الكلمات المفتاحية:
Pengaruh perhatian orang tua, Orang tua, Perkembangan moral anakالملخص
Perkembangan moral pada anak merupakan proses anak belajar tentang nilai moral dan etika, oleh sebab itu pengaruh perhatian orang tua pada anak akan berpengaruh pada perkembangan moralnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap perkembangan moral anak usia dini. Jenis penelitian yang dilakukan di TK Rejo Asri pada penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan Studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Dan untuk uji validitas menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di TK Perintis Rejo Asri, dapat disimpulkan bahwa anak yang mengalami kurangnya perhatian orang tua berakibat pada perkembangan moral anak. Anak yang mendapatkan perhatian yang cukup akan berdampak besar terhadap karakter dan nilai-nilai moral yang dimiliki anak dimasa depan. Oleh karena itu orang tua adalah pengasuh dan panutan utama bagi anak-anaknya, dan mereka juga perlu memberikan perhatian yang memadai terhadap perkembangan moral anak-anaknya dengan memberikan nilai-nilai yang baik, memberikan pengawasan yang tepat, dan memberikan teladan perilaku yang baik secara konsisten.
المراجع
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V1i1.28
Anggrainy, N. E. (2022). Dongeng Dan Perkembangan Moral Anak. SPECTRUM: Journal Of Gender And Children Studies, 1(1), 38–45. Https://Doi.Org/10.30984/Spectrum.V1i1.166
Auliya, F., Pranoto, Y. K. S., & Sunarso, A. (T.T.). KECERDASAN MORAL ANAK USIA DINI.
Ayunda, Y., Simanjuntak, J., & Virganta, A. L. (2020). Studi Tentang Perhatian Orang Tua Terhadap Pengembangan Konsep Diri Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pelangi Kerasaan. Jurnal Usia Dini, 6(1), 44. Https://Doi.Org/10.24114/Jud.V6i1.19165
Fitri, M., & Na’imah, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15. Https://Doi.Org/10.24042/Ajipaud.V3i1.6500
Gianoza, J. (2013). HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA DENGAN MORAL REMAJA. Konselor, 2(1). Https://Doi.Org/10.24036/0201321734-0-00
Mawarsih, S. E., & Hamidi, N. (2013). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI JUMAPOLO.
Melati, P., Setiawati, S., & Solfema, S. (2018). Hubungan Antara Perhatian Yang Diberikan Orang Tua Dengan Tingkat Perkembangan Moral Anak Usia Dini. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 79–92. Https://Doi.Org/10.24036/Kolokium-Pls.V6i1.8
Ningsih, K., & Jannah, M. (2022). TAHAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK PERSPEKTIF PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM. 6(2).
Noor, A. F., & Ismail, M. (T.T.). Keterlibatan Orangtua Dalam Perkembangan Moral Anak Kelompok B Di RA Ar-Rahmah Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.
Sandy, L. L., -, S., & Nasrullah, A. (2017). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 2(1). Https://Doi.Org/10.30870/Jpbk.V2i1.3023
Saputri, D. I., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 369. Https://Doi.Org/10.23887/Jp2.V2i3.19285
Sari, S. L., & Kurniawan, N. A. (T.T.). Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini.
Suriati, S. (2015). Dampak Kurangnya Perhatian Orang Tua Terhadap Perkembangan Karakter Anak. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 1(1), 129–149. Https://Doi.Org/10.47435/Mimbar.V1i1.277
Umar, J. (2018). Usaha Orang Tua Dalam Peningkatan Pendidikan Anak Di Pidie. Gender Equality: International Journal Of Child And Gender Studies, 4(2), 15. Https://Doi.Org/10.22373/Equality.V4i2.4532
التنزيلات
منشور
إصدار
القسم
الرخصة
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License