Penguatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Poncol

المؤلفون

  • Ariq Nurjannah Irbah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Ahmad Bustomi Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v3i2.6660

الكلمات المفتاحية:

Kompetensi Pedagogik Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19.، kompetensi pedagogik، Guru TK، covid 19

الملخص

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan penguatan kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di TK Tunas Muda Poncol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan deskriptif analisis dengan mendiskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomenalogi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut diperoleh dari guru dan orang tua peseta didik TK Tunas Muda Poncol. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penguatan kompetensi pedagogik guru guna meningkatkan kualitas pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di taman kanak-kanak (TK) tunas muda poncol diantaranya meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan kemampuan pemanfaatan teknologi, meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif, meningkatkan kemampuan menyusun rancangan pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan kemampuan mengevaluasi hasil pembelajaran.

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19.

Abstract

This research aims to describe the strengthening of teacher pedagogy competency onto increased learning quality amid Covid-19 in TK Tunas Muda Poncol. This qualitative research utilizes descriptive analysis to describe every activity and phenomenology. Furthermore, the data collecting method utilizes observation, interviews, and documentation. The researcher took data from teachers and parents of children in TK Tunas Muda Poncol. The result of this research indicates that: the strengthening of teacher pedagogy competency in TK Tunas Muda Poncol amid Covid-19 consist of the increasing of learning quality, ability to utilize technology, ability to communicate effectively, ability to establish learning plan, and ability to evaluation.

Kata Kunci: Pedagogy Competency, Learning amid Covid-19.

المراجع

Agustin. Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid-19 dan Implikasinya”, (Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2020), vol. 5, No. 1, hlm. 334-345.
Basrowi. Memahami Penelitian Kualitatif”, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009), hlm.188 34 dilakukan
Bustomi, A. (2020). Implikasi Covid-19 Terhadap Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Journal Tawadhu, 4(1), 1007–1017. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/220/157
Bustomi, A. (2021). ISLAMIC STATE UNIVERSITY RESPONSES TO THE COVID 19 IN LEARNING Ahmad. Riayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 13(2), 1–23.
Eko Setiawan. E. Kompetensi Pedagogik & Profesional Guru PAUD Dan SD/MI”, (Jakarta: Erlangga, 2018), hlm. 44.
Eliyati. I. dkk. Komunikasi Guru Dalam Penerapan Kompetensi Pedagogik Bagi Siswa Usia Dini di PAUD Al-Qolam Samarinda”, Jurnal Komunikasi, 2019, vol. 7, No. 2, hlm. 84.
Mufidah. F. N. dan Kuswanto. Pemahaman Pendidik Paud Terkait Kompetensi Pedagogik Menurut Konsep Ki Hadjar Dewantara”, Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, Tahun 2020, Vol. 6 No. 2.
Nirmala, dkk. Home Visit: strategi PAUD dari rumah bagi guru di daerah 3T pada masa pandemi Covid-19”, jurnal obsesi: program studi pendidikan anak usia dini, universitas tadulako, 2020, vol. 5, hlm. 1052-1062.
Nuril W. dan Erni Munastiwi. Analisi Proses Pembelajaran Berbasis Online Masa Pandemi Covid-19 di SDIT Luqman Al-Hakim Sleman”, Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2020, vol.14, No. 2, hlm. 171-186.
Pemerintah Pusat, “Surat edaran mendikbud no 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat Covid-19”, Retrieved from Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai KEMENDIKBUD, diakses pada bulan Oktober tanggal 17 tahun 2020, dari https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebarancorona-virus-disease-covid-1-9/
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.
Sudrajat. J. Kompetensi Gur Dimas Pndemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis: Teknik Elektro, Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri: 2020, vol.13 No. 1.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D”, (Bandung: Alfabeta, 2010). hlm. 1.
Suhendro. E. Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Golden Age: program studi pendidikn keguruan, UIN sunan kalijaga yogyakarta, 2020, vol. 5, hlm. 133-140
Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan”, (Bandung: Rosdakarya,2009), Hlm.72-73
Supriadi. D. dan Deni Darmawan. Komunikasi Pembelajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015), hlm. 65.
Tiara. D. R. dan Eriqa Pratiwi. Pentingnya Mengukur Kesiapan Guru Sebagai Dasar Pembelajaran Daring Di Lembaga PAUD”, Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 2020, Vol. 4 No. 2.
Wisman. Y. Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan”, Jurnal Nomosleca, Universitas Palangka Raya Kalimantan Tengah, 2017, vol. 3, No. 2, hlm. 649

منشور

2023-06-04