Pengaruh Pengenalan Huruf Abjad Melalui Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Tarbiyatul Islamiyah

المؤلفون

  • Silvia Nurul Afifah Institut Pesantren Mathali'ul Falah Pati
  • Atik Rosowati Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati
  • Rufaidah Laila Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati
  • Fitri Nihayatun Nadziroh Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati
  • Hum Amanatin Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v3i2.6278

الكلمات المفتاحية:

Kartu Huruf, Huruf Abjad, Kemampuan Kognitif

الملخص

Anak usia dini adalah anak dengan usia kisaran 0-8 tahun. Pada masa ini anak mulai berkembang pesat yang dinamakan masa golden age, yaitu masa dimana perkembangan otak anak mencapai 80%. Perkembangan tersebut meliputi enam aspek, yaitu fisik motorik, sosial emosional, seni, bahasa, moral agama, dan kognitif. Standar ini merupakan acuan yang digunakan oleh NAEYC (National Association Education for Young Child). Pada tahap ini anak mengalami masa sensitif, anak mendapatkan stimulus atau rangsangan pengetahun dari luar diri mereka. Adapun media yang digunakan dalam penelitian ini adalah kartu huruf. Berdasarkan kenyataan yang ada di TK Tarbiyatul Islamiyyah, yaitu kurangnya kemampuan mengenal huruf. Dari data dalam penilaian perkembangan aspek bahasa serta berdasarkan hasil observasi pada 18 anak diketahui bahwa 25% diantaranya memenuhi kriteria baik. Dan 50% anak memenuhi kriteria cukup, dan yang 25% berkriteria kurang. Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan metode kuantitatif. Dengan hasil nilai deskriptif independen yaitu nilai mean tertinggi adalah 3,93, dan nilai mean terendah 2,66. Untuk Standar Deviation tertingginya adalah 0,84 dan nilai standar deviation terendahnya adalah 0,25. Dan hasil nilai deskriptif dependennya yaitu Nilai mean tertinggi adalah 3,7 dan nilai nilai mean terendahnya adalah 2,9. Nilai standar deviation tertinggi adalah 0,7 dan nilai standar deviation yang terendah adalah 0,5. Dengan hasil akhir thitungnya menunjukkan hasil yang mendapatkan pengaruh signifikan.

المراجع

Dr. Yuliani Nurani Sujiono, M. (n.d.). Hakikat Pengembangan Kognitif. In M. Dr. Yuliani Nurani Sujiono, Hakikat Pengembangan Kognitif (p. 1.4).
Fazriah, S. N., Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Permainan Kotak Huruf Usia 4-5 Tahun. PAUD Lectura, 24.
Ibda, F. (2015). PERKEMBANGAN KOGNITIF: TEORI JEAN PIAGET. INTELEKTUALITA, 29.
Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF (1 ed.). Yogyakarta: PANDIVA BUKU.
Lia, R. (2020). Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Huruf Abjad A-Z Di Raudlatul Athfal “Manbaul Ulum” Pancur Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. eprints, 5.
Maghfirotun, U., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF. Widya Sari.
Marinda, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. An-Nisa' : Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 117-118.
Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini". PAUD Lectura, 84.
Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Misykat, 172.
Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. AL HIKMAH, 52-53.
Priyanto, A. (2014). PENGEMBANGAN KREATIVITAS PADA ANAK USIA DINI MELALUI AKTIVITAS BERMAIN. Jurnal Ilmiah Guru "COPE", 42.
Sumiyati. (2014). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Institute.
Susanto, A. (2017). PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jakarta: PT Bumi Aksara.

منشور

2023-07-12