Pengembangan Buku Permainan Berdasarkan Tema Untuk Meningkatkan Sosial Emosional Pada Anak Kelas B Di PAUD Ceria Desa Santapan Barat

المؤلفون

  • Choiriah Choiriah Choiriah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Leni Marlina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Kurnia Dewi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijigaed.v3i2.4561

الكلمات المفتاحية:

Buku Permainan، Model ADDIE، Sosial Emosional

الملخص

Telah dilakukan penelitian dan pengembangan buku permainan berdasarkan tema untuk meningkatkan sosial emosional pada anak kelas B di PAUD Ceria Desa Santapan Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk sosial emosional dengan media pembelajaran buku permainan yang valid dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa PAUD Ceria Desa Santapan Barat. Pengembangan ini menggunakan metode resarch development dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi : (1) Analisis (analysis) (2) Desain (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), (5) Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian pengembangan ini mendapatkan hasil dengan kategori “Sangat Valid” dengan hasil validasi ahli media 95% dan validasi ahli materi 93%. Sedangkan hasil penelitian dengan kategori “Sangat Praktis” dengan hasil uji coba kelompok kecil dengan persentasi 91%, dan hasil dari uji coba kelompok besar dengan persentase 95%. Adapun hasil rata-rata efektivitas dinyatakan efektif dengan persentasi 96%.

المراجع

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ananda RizkI. (2018). Peningkatan kemampuan sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB. Jurnal Obsesi. Vol. 2
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran.
Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Asmawi Zaenul dan Noehi Nasution, (2005). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Dirjen Dikti.
Dachlan Abd. Malik, dkk. (2018). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Yogyakarta: Cv Budi Utama.
Dasopang Muhammad Darwis. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Belajar, Pembelajaran, komponen pembelajaran di IAIN Padangsidimpuan. Vol. 03.
Padangsidimpuan.
Dewi Retno Suminar, (2019). Psikologi Bermain.
Surabaya: Tim e-book Airlangga.
Dharmamulya Sukirman. (2008). Permainan tradisional jawa. Yogyakarta: Kepel Press.
Fiah, El Rifdah (2017). Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.
Hurlock BElizabeth. (1995). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang kehidupan, terj. Meitasari Tjandrasa. Surabaya: Erlangga.
Ibrahim Reyzal, (2011). Model Pengembangan ADDIE. (online), (http:// jurnalpdf.info/model- pengembanganaddie.html diakses25 April 2020)
Johni Dimyati, Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013)
Jusniar, dkk. (2014). Pengembangan Perangkat Asesment Berbasis Keterampilan Generik Sains (KGS) Pada Mata Kuliah Praktikum Kimia FisikII, Jurnal Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Makasar.
Margono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan.
Jakarta: Rineka Cipta.
Ndari, Susianty Selaras, dkk. (2018). Metoe Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Nugraheni Mita. (2014). Peningkatan k emampuan sosial emosional melalui media power point pada anak usia dini 5-6 tahun di TK Sd Model Sleman. Skipsi: Fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Ramadhona, R. (2016). Efektivitas ekstrak daun pepaya dalam pengendalian kutu daun pada fase vegetatif tanaman terung.[Skripsi]. Universitas Bengkulu.
Santrock, Jhon W. (2007). Perkembangan Anak.
Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.
Suparti, Mariana Susanti. (2017). Pengembangan Media Audio Pembelajarn Bermuatan Permainan Tradisional, Jurnal Kwangsa, Vol 5, No 2, Edisi Desember
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

منشور

2023-06-01