Pengaruh Media Canva Interaktif Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di TK 1-61 Padang
DOI:
https://doi.org/10.32332/dn23a982الكلمات المفتاحية:
Behitung, Media Canva, Anak Usia Diniالملخص
Guru harus lebih inventif dalam mengembangkan kegiatan belajar yang kreatif, orisinal, menarik, dan menyenangkan untuk meningkatkan pemahaman anak terhadap pembelajaran karena anak-anak kurang memiliki keterampilan berhitung seperti mencocokkan, membandingkan, mengurutkan, dan menghitung sekumpulan objek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana media Canva interaktif memengaruhi kemampuan berhitung anak-anak dalam rentang usia 5–6 tahun di TK Kartika 1-61 Padang. Penelitian ini menggunakan metodologi kuasi-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi dan pengujian. 50 anak yang bersekolah di TK Kartika 1-61 Padang menjadi populasi penelitian. 40 anak menjadi sampel penelitian, 20 di antaranya berada di kelas eksperimen (kelas B2) dan 20 di antaranya berada di kelas kontrol (kelas B1). Uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis digunakan dalam metodologi pengolahan data penelitian ini. Dengan menggunakan SPSS 30 dan metode statistik uji-t, pengujian hipotesis menunjukkan tingkat signifikansi kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata skor pre-test dan post-test kelas eksperimen yang menggunakan media Canva masing-masing adalah 13,50 dan 18,30. Rata-rata skor pre-test dan post-test kelompok kontrol yang menggunakan PowerPoint masing-masing adalah 13,15 dan 14,10. Data yang dihasilkan homogen dan terdistribusi secara teratur. Selanjutnya, Ho ditolak dan Ha diterima setelah hasil uji-t menunjukkan nilai sig (2-tailed) <0,001 <0,05. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan berhitung siswa di TK Kartika 1-61 Padang dipengaruhi secara signifikan oleh media interaktif Canva.
المراجع
Aisyah, S. 2012. Perkembangan.dan.Konsep.Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2(3).
Arikunto (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta.
Arkas, N., & Rakimahwati, R. (2023). Bermain Pohon Angka Berbasis Power Point untuk Meningkatkan Konsep Bilangan pada Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2650-2658.
Arsyad,Azhar.(2016). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. (2021). Pendidikan anak usia dini menurut konsep islam. Amzah. Daryanto, (2013), Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung : Yrma Widya
Daryanto.2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.
Fadillah, M. (2012). Desain pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fadillah, M. (2016) Edutaiment pendidikan anak usia dini menciptakan pembelajaran menarik, kreatif, dan menyenangkan. Jakarta : Prenademia Group
Febrizalti, Tari, Saridewi. 2020. Stimulasi.Kemampuan.Berhitu ng Anak Usia Dini melalui Metode Jarimatika. Jurnal.Pendidikan.Tambusai
Isrokatun, I., Hanifah, N., Maulana, M., & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains secara Integratif melalui Situation-Based Learning. UPI Sumedang Press.
Khadijah, K. (2016). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan Perdana Publishing.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan. IKAPI.
Krogh, S., & Slentz, K. (2001). The early childhood curriculum. Routledge.
Maghfiroh, Shofia & Suryana, Dadan. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Maisarah. (2019). Matematika dan Sains Anak Usia Dini.
Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 16. bandung: Remaja Rosdakarya
Reid, K. (2016). Counting on it: Early numeracy development and the preschool child.
Sujiono (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Indeks
Sipayung, Y. R. (2021). Pelatihan desain grafis menggunakan aplikasi canva bagi psm satya dharma gita. Jurnal Bakti Humaniora, 1(1).
Sugiyono.(2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sumardi, Lutfi Nur, dkk. (2017). Kemampuan Mateamtika Anak Usia 5-6 Tahun di Kober AlHidayah Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis. Jurnal Paud Agapedia.
Suryana, D (2018). Pendidikan anak usia dini: stimulasi dan aspek perkembangan anak.Jakarta:Prenadamedia Grup.
Suryana, D. (2013). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.
Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Indonesia, Kencana
Susanto, Ahmad. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan teori). Jakarta : Bumi Aksara
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini (pp. 22–23). Remaja Rosdakarya.
Suyanto, S., & Novidha, F. (2008). Strategi pendidikan anak: pengenalan dengan matematika, sains, seni, bahasa, dan pengetahuan sosial. Hikayat.
Syafdaningsih, M. P., Rukiyah, M. P., & Utami, F. (2020). Pembelajaran Matematika anak usia dini. Edu Publisher.
Utoyo, S., & Pd, M. (2017). Metode Pengembangan Matematika Anak Usia Dini. Gorontalo: Ideas Publishing.
Utoyo, Setiyo, Irvin Novita Arifin (2017). Permainan Matematika Ku. Gorontalo. Ideas/ Publishing
Wijana D Widarmi. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Universitas Terbuka.
Wijaya, Abung Supama, et al. "Peningkatan Keterampilan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Bagi Guru PAUD di Kabupaten Bogor." Surya Abdimas 6.3 (2022): 527-536.
Yani, J. A. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zulminiati, Z., U. Salamah, and D. Roza. "Preliminary Research Media Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (2), 666–676." 2023,
التنزيلات
منشور
إصدار
القسم
الرخصة
الحقوق الفكرية (c) 2025 Thasya Agnesi Yulika, Zulminiati, Rakimahwati, Resti Elma Sari

هذا العمل مرخص بموجب Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License