Pengaruh Media Augmented Reality Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia Dini

المؤلفون

  • Dhea Meichika Universitas Negeri Padang
  • Yaswinda Yaswinda Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.32332/tzdjf116

الكلمات المفتاحية:

Early Childhood، Science Ability، Augmented Reality

الملخص

Penelitian ini di latar belakangi oleh masih rendahnya minat anak dalam pembelajaran sains. Hal ini dapat di lihat dari kurangnya perhatian anak terhadap pembelajaran yang berkaitan dengan sains, sarana pra sarana serta media pembelajaran yang berbasis digital masih minim digunakan, dan kurangnya variasi pada metode pembelajaran yang digunakan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Augmented Reality (AR) terhadap kemampuan sains anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur, dengan sampelnya yaitu kelas B4 sebagai kelas eksperimen dan kelas B5 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 15 anak. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan tabel uji hipotesis diketahui bahwa hasil pre-test memperoleh nilai sig (2-tailed) yaitu 0,340 > 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa belum terdapat pengaruh media Augmented Reality (AR) terhadap kemampuan sains anak usia dini. Sedangkan  hasil uji hipotesis post-test memperoleh nilai sig (2-tailed) yaitu 0,030 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Augmented Reality (AR) terhadap kemampuan sains anak usia dini.

المراجع

Aditama, P. W., Adriyana, N. W., & Ariningsih, K. A. (2019). Augmented Reality dalam Multimedia Pembelajaran. Prosiding Seminar Nalsional Desain Dan Arsitektur. In SENADA (Seminar Nalsional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 176–182.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arsyad, AL. (2014). Medial Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Beaver, N. H., Wyaltt, S. S., & Jackmaln, H. L. (2018). Ealrly Education Curriculum: A Child’s Connection to the World. Cengage Learning.

Beckley, P. (2018). Belajar paldal anak usia dini. Penerbit Indeks Jakarta.

Charlesworth, R., & Lind, K. (2010). Math and science for young children.

Dharmawaln, J., & Setyaningsih, E. R. (2022). Pengaruh penggunaan teknologi augmented reallity live texturing pada pembelajaran mewarnai anak usia dini di PAUD Holistik Integraltif El-Falth Sumenep. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 69–86.

Fadhilah, M. (2014). Media Pembelajaran Anak Usial Dini. PT Bumi Aksara.

Hyun, C. C., Tukiran, M., Wijayanti, L. M., Asbari, M., Purwanto, A., & Santoso, P. B. (2020). Piaget versus vygotsky: Implikasi pendidikan alntaral persamaan dan perbedaan. Journal of Industrial Engineering & Management Resealrch, 1(3), 286–293.

Izzuddin, A. (2019). Salins daln Pembelaljalralnnyal paldal ALnalk Usial Dini. BINTALNG, 1(3), 353–365.

Khotimah, I. A. (2019). Disiplin paldal ALnalk Usial Dini. Jurnall Pendidikaln Islalm ALnalk Usial Dini, 1(1), 94–108.

Nasution, F., ALulial, R., Edith, I. R., Ralngkuti, N., & Rozzalq, B. K. (2023). Perkembalngaln Kognitif Malsal ALnalk-ALnalk ALwall. Observalsi : Jurnall Publikalsi Ilmu Psikologi, 2(1), 1–10.

Qiptiyah, T. M. (2024). Teori Perkembalngaln Kognitif Anak (Vygotsky). Childhood Educaltion : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 204–220.

Rahma, S. N., & Saputra, E. (2023). Pengembangan Media Power Point Interaktif Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaliyah, 3(2), 167–175.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitialn Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfalbeta.

Tatminingsih, S., & Cintasih, I. (2016). Hakikat anak usia dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.

Widiyanto, M. A. (2013). Statistika Terapan. Gramedia.

Yaswindal. (2019). Model Pembelaljalraln Salins Berbalsis Multisensori Ekologi (PSB MUGI) Bagi Anak Usia Dini. Edu Publisher.

Yaswinda, Y., Yusyofriend, Y., & Salri, H. M. (2020). Analisis pengembalngaln kognitif dan emosionall alnalk kelompok bermain berbasis kawasan pesisir pantai. Jurnall Obsesi: Jurnal Pendidikaln Anak Usial Dini, 5(2), 996–1008.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitialn: Kualntitaltif, Kuallitaltif, daln Penelitialn Galbungaln. Kencalnal.

منشور

2025-06-18