Inovasi Penilaian Qawaid Nahwiyah Dalam Buku Teks Bahasa Arab Kelas XII Berbasis Penilaian HOTS

Penulis

  • Nimas Aulia UIN Sunan Kalijaga ,
  • R Umi Baroroh UIN Sunan Kalijaga , UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijalt.v6i01.8678

Kata Kunci:

Assessment Innovation, Qawaid Nahwiyah, Arabic Textbooks, HOTS

Abstrak

Tujuan dari studi ilmiah ini adalah untuk menganalisis instrument tes berbasis HOTS dalam penilaian Qawaid nahwiyah dan inovasi dalam buku teks Bahasa Arab kelas XII yang diterbitkan oleh Kementerian Agama pada tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, pendekatan yang digunakan mengadopsi teknik penelitian kepustakaan. Sumber utama data berasal dari sebuah buku berbahasa Arab yang diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia pada tahun 2020 untuk tingkat kelas XII. Di samping itu, sumber data sekunder dalam penelitian ilmiah ini melibatkan jurnal, buku, dan data relevan lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 9 butir soal instrument test Qawaid Nahwiyah, 1 butir soal HOTS pada tingkat C4, dan 8 butir soal lainnya pada tingkat MOTS. Inovasi yang dilakukan terhadap instrument test Qawaid Nahwiyah berbasis HOTS menghasilkan 10 butir soal baru yang mencangkup 8 butir soal Tingkat C4, 1 butir soal C5, dan 1 butir soal C6.

Diterbitkan

2024-06-13

Cara Mengutip

Inovasi Penilaian Qawaid Nahwiyah Dalam Buku Teks Bahasa Arab Kelas XII Berbasis Penilaian HOTS. (2024). Jurnal Internasional Pendidikan Bahasa Arab, 6(01), 82-93. https://doi.org/10.32332/ijalt.v6i01.8678