Analisis Kebutuhan Belajar Bahasa Arab melalui Media Sosial; Instagram
DOI:
https://doi.org/10.32332/ijalt.v5i02.7180Kata Kunci:
Pembelajaran; Bahasa Arab; Media Sosial; InstagramAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kebutuhan pembelajaran bahasa Arab oleh siswa melalui media sosial khusus yaitu Instagram. Metode penelitian yang digunakan berbasis survey dan didukung oleh beberapa dokumen dan beberapa teori pendukung. Tentunya populasi dalam penelitian ini adalah sampel siswa dari beberapa jenjang pendidikan sebagai pengguna aktif media sosial Instagram. Penelitian ini dilakukan sebagai hal baru yang muncul dalam dunia pembelajaran bahasa Arab yang selama ini dianggap sulit oleh sebagian siswa. Dalam hasil penelitian ditemukan 2 faktor yang dibutuhkan oleh mahasiswa bahasa Arab melalui Instagram, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal adalah kebutuhan material empat maharah lugawiyah; istima' (materi audio penutur asli), kalam (dialog antar pengikut akun Instagram), qiraah (literasi bahasa Arab asli), dan kitabah (ada diskusi melalui chat room antar pengikut Instagram). Faktor internal dari pengguna akun Instagram; kebugaran jasmani (menggunakan gadget yang sesuai), kecerdasan (pintar menggunakan literasi digital), minat dan motivasi belajar (desain tampilan Instagram yang menarik disertai dengan permainan edukatif yang menyenangkan).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Internasional Pendidikan Bahasa Arab

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.