Analisis Konten Maharah Kitabah dalam Buku Ajar Bahasa Arab Kementerian Agama
DOI:
https://doi.org/10.32332/ijalt.v5i01.6625Kata Kunci:
Arabic textbook; content analysis; writing skills.Abstrak
Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan terpenting dalam bahasa Arab, bahkan keterampilan ini adalah pencapaian terakhir yang harus dicapai setiap siswa dalam mempelajari bahasa Arab. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran buku yang dapat mendukung pencapaian tersebut agar sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisa konten pembelajaran keterampilan menulis buku ajar bahasa Arab Kementerian Agama tahun 2020 untuk mengukur tingkat kesesuaian konten pembelajaran keterampilan ini dengan standar penyusunan buku ajar bahasa Arab. Adapun penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mencari tingkat kesesuaian buku tersebut dengan standar penyusunan buku ajar bahasa Arab. Hasil yang telah dicapai dalam penelitian ini adalah dari tujuh poin standar penyusunan konten keterampilan menulis yang ditetapkan Abdurrahman Fauzan terdapat tiga poin yang sesuai dan 3 pon yang lain masih belum dimiliki oleh konten buku tersebut, sedangkan satu poin masih perlu dikembangkan lagi.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Internasional Pendidikan Bahasa Arab

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.