Analisis Konten Maharah Kitabah dalam Buku Ajar Bahasa Arab Kementerian Agama

Penulis

  • Hanif Syukron STIBA Arraayah Sukabumi, Indonesia ,
  • Mohammad Samsul Ulum Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim ,
  • Mamluatu Solihah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia ,

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijalt.v5i01.6625

Kata Kunci:

Arabic textbook; content analysis; writing skills.

Abstrak

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan terpenting dalam bahasa Arab, bahkan keterampilan ini adalah pencapaian terakhir yang harus dicapai setiap siswa dalam mempelajari bahasa Arab. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran buku yang dapat mendukung pencapaian tersebut agar sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisa konten pembelajaran keterampilan menulis buku ajar bahasa Arab Kementerian Agama tahun 2020 untuk mengukur tingkat kesesuaian konten pembelajaran keterampilan ini dengan standar penyusunan buku ajar bahasa Arab. Adapun penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mencari tingkat kesesuaian buku tersebut dengan standar penyusunan buku ajar bahasa Arab. Hasil yang telah dicapai dalam penelitian ini  adalah dari tujuh poin standar penyusunan konten keterampilan menulis yang ditetapkan Abdurrahman Fauzan terdapat tiga poin yang sesuai dan 3 pon yang lain masih belum dimiliki oleh konten buku tersebut, sedangkan satu poin masih perlu dikembangkan lagi.

Diterbitkan

2023-07-04

Cara Mengutip

Analisis Konten Maharah Kitabah dalam Buku Ajar Bahasa Arab Kementerian Agama. (2023). Jurnal Internasional Pendidikan Bahasa Arab, 5(01), 140-149. https://doi.org/10.32332/ijalt.v5i01.6625