Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Terhadap Efektifitas Pembelajaran Daring di IAIN Pontianak

Penulis

  • Arifudin Arifudin IAIN Pontianak
  • Bayu Fitra Prisuna Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Indonesia ,

DOI:

https://doi.org/10.32332/ijalt.v4i02.4673

Kata Kunci:

Bahasa Arab, Efektivitas, Pembelajaran Online, Persepsi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab tentang efektivitas pembelajaran online pada masa pandemi di IAIN Pontianak. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Aktif Program Studi Pendidikan Bahasa Arab pada semester 1,3,5, dan 7 yang berjumlah 230 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan menghasilkan sampel penelitian sebanyak 134 orang. Jenis instrumen yang digunakan adalah angket persepsi siswa. Penelitian ini memberikan gambaran tentang efektivitas pembelajaran online di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. efektivitas pembelajaran online pada masa pandemi di IAIN Pontianak berada pada kategori “Baik”. Namun perlu dipahami bahwa semua aspek perolehan nilai IKM berada pada interval mendekati batas atas kategori kurang baik. Sehingga hal ini harus menjadi perhatian lebih bagi Prodi Pendidikan Bahasa Arab untuk melakukan evaluasi dan perbaikan kedepannya guna mengakomodir permasalahan yang dihadapi mahasiswa selama pembelajaran online di masa pandemi. Saran dari peneliti dengan adanya data persepsi mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab terhadap efektifitas pembelajaran online pada masa pandemi di IAIN Pontianak, sebaiknya Prodi menindaklanjuti data persepsi tersebut guna mengembangkan dan meningkatkan kualitas bahasa Arab. Program Studi Pendidikan Bahasa IAIN Pontianak.

Diterbitkan

2022-12-04

Cara Mengutip

Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Terhadap Efektifitas Pembelajaran Daring di IAIN Pontianak. (2022). Jurnal Internasional Pendidikan Bahasa Arab, 4(02), 249-265. https://doi.org/10.32332/ijalt.v4i02.4673