Pengaruh Metode Demonstrasi disertai Video Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN 6 Kerinci

Penulis

  • Lia Angela Institut Agama Islam Negeri Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v2i2.4057

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi disertai video animasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 6 Kerinci. Metode yang digunakan dlaam peneltiian ini yaitu peneltiian Quasi Eksperimen. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan post-test dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata hasil belajr siswa di kelas eksperimen yaitu 78,18 dan kelas kontrol 64,79. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung=6,3459 dan ttabel=2,0137 dengan arti thitung> ttabel  sehingg H0 ditolak dan H1 diterima, jadi dapat disimpulkan metode demonstrasi disertai video animasi berpenagruh terhadap hasil belajar.

Diterbitkan

2021-12-29

Cara Mengutip

Pengaruh Metode Demonstrasi disertai Video Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN 6 Kerinci. (2021). Al Jahiz, 2(2), 112-121. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v2i2.4057

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama