Kesulitan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi pada Pembelajaran Daring di Masa Pamdemi COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i2.5317Abstract
Kebijakan belajar dari rumah menyebabkan semua lembaga pendidikan, baik sekolah dan termasuk perguruan tinggi menyelenggarakan pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan mahasiswa tadris biologi pada pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan observasi. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester 4 dan semester 6 tadris Biologi IAIN Kerinci. Hasil penelitian ini adalah kesulitan yang lebih dominan ialah terdapat pada indikator fasilitas yaitu kuota internet sebesar 36,0%, akses internet sebesar 39,3%, perangkat sebesar 78,9% dan buku / referensi yaitu sebesar 65,5%. Kemudian dilanjutkan pada indikator hambatan fisik yaitu kesehatan sebesar 50, 2%, indikator hambatan psikis yaitu kognitif sebesar 67, 1% dan afektif sebesar 66,5%, indikator Pendidik/Dosen dengan sub indikator penyampaian materi sebesar 69, 9%, praktikum 71, 3% & tugas 71, 6%. Dan yang terakhir yaitu indikator keluarga dengan sub indikator orang tua / saudara laki-laki / saudara perempuan sebesar 74, 3%.