Apakah Model Pembelajaran Conceptual Change dengan Konflik Kognitif dapat Mereduksi Miskonsepsi dan Meningkatkan Self Regulation?

Authors

  • Nukhbatul Bidayati Haka Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Clara Apriyanti Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Hardiyansyah Masya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Akbar Handoko Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Mivtha Citraningrum Universitas Pendidikan Muhamadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v5i1.9012

Keywords:

Konflik Kognitif, Miskonsepsi, Model Conceptual Change, Self Regulation

Abstract

Miskonsepsi dalam pembelajaran selalu menjadi permasalahan penting yang harus ditindak lanjuti, kesulitan peserta didik dalam memahami materi biologi, penggunaan pola piker intuitef dan tidak menggunakan pola pokor ilmiah menjadi sorotan penting. Tujuan Penelitian untuk mengetahui  pengaruh penerapan model pembelajaran Conceptual Change dengan konflik kognitif terhadap miskonsepsi dan self regulation peserta didik kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan jenis quasy-experiment dan pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTS Negeri, dengan dua kelas menjadi sampel yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari tes multiple choice dengan certainty of response indexs, angket self regulation, keseluruhan instrumen telah melalui tahapan analisis pokok uji. Hasil penelitian menunjukkan data reduksi miskonsepsi, pada kelas eksperimen nilai reduksi 40% menjadi 18% dan kelas kontrol nilai reduksi 42% menjadi 33% sedangkan self regulation  mengalami peningkatan pada kelas eksperimen 56% (kurang ) menjadi 66% (cukup) dan kelas control 58% (kurang)  menjadi 59% (cukup). Diketahui bahwa perolehan nilai uji t independent  sig. (0.00) lebih kecil dari α 0.05 (0.00<0.05) dengan demikian artinya H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan model Conceptual Change dengan konflik kognitif berpengaruh terhadap reduksi miskonsepsi dan peningkatan self regulation

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Apakah Model Pembelajaran Conceptual Change dengan Konflik Kognitif dapat Mereduksi Miskonsepsi dan Meningkatkan Self Regulation?. (2024). Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 5(1), 1-19. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v5i1.9012

Most read articles by the same author(s)