PENERAPAN MODEL CASE BASED LEARNING (CBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KEANEKARAGAMAN HEWAN

Authors

  • Nela Dewi Dewi IAI Darul A'mal Lampung
  • Yunitha Ulfah Ulfah SMP Negeri 1 Trimurjo
  • Alpahmi Aji Satria Universitas Islam Annur Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v5i1.9209

Keywords:

Case Based Learning (CBL), Hasil Belajar, Mahasiswa

Abstract

Abstrak- Matakuliah Keanekaragaman Hewan diharapkan dapat mengembangkan kemampuan mahasiswa seperti kemampuan pemecahan masalah, penalaran dan pembuktian, komunikasi, koneksi, representasi Biologi, dll. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh penerapan model CBL terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini adalah kuantitatif Quasi experiment dengan pendekatan Pretest-Posttest. Sampel yang diambil adalah 15 orang kelas eksperimen dan 14 orang kelas kontrol dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa setelah diterapkan model CBL. Model CBL menjadi salah satu metode inovatif dan efektif dalam mengembangkan pengetahuan mahasiswa dalam belajar sehingga memperoleh hasil belajar yang lebih baik.

 

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

PENERAPAN MODEL CASE BASED LEARNING (CBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KEANEKARAGAMAN HEWAN. (2024). Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 5(1), 90-98. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v5i1.9209