Pengembangan Buku Saku Berorientasi Crossword Puzzle pada Materi Sistem Ekskresi untuk Kelas XI SMA

Authors

  • Eni Yulianti Universitas Merangin
  • Restu Anjeliani Universitas Merangin
  • Eko Wulandari Universitas Merangin
  • Andriyanto Andriyanto Kaohsiung Medical University

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v5i1.9179

Keywords:

Buku Saku, Crossword Puzzle, Sistem Ekskresi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pengembangan buku saku berorientasi crossword puzzle pada materi sistem ekskresi kelas XI SMA Negeri 13 Merangin. Mengingat pembelajaran yang telah dilaksanakan selama ini masih menggunakan buku teks. Guru belum mengembangkan buku saku sebagai bahan bacaan/belajar yang mudah dibawa dan dibaca dimana saja. Untuk itu, dilakukan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan proses pengembangan buku saku dan mengembangkan buku saku berorientasi crossword puzzle padamateri sistem ekskresi kelas XI SMA Negeri 13 Merangin yang valid dan praktis. Metode pengembangan menggunakan metode R&D dengan model 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perencangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini terdiri dari 5 orang validator, untuk uji praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru Biologi dan 23 orang siswa kelas XI SMA N 13 Merangin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket yang disusun menurut skala likert. Data dari penelitian ini adalah hasil validitas dan praktikalitas buku saku. Berdasarkan hasil penelitian ini dihasilkan produk berupa buku saku berorientasi crossword puzzle pada materi sistem ekskresi. Produk yang dikembangkan dinyatakan sangat valid oleh validator baik dari aspek kalayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan dengan nilai validitas rata-rata 88%. Produk juga dinyatakan praktis oleh guru sedangkan oleh siswa dinyatakan sangat praktis baik dari aspek kemudahan pengunaan, waktu pembelajaran dan daya tarik dengan nilai rata-rata 3,44 oleh guru dan 3,71 oleh siswa. Oleh karena itu, buku saku berorientasi crossword puzzle sudah dapat dinyatakan valid dan praktis.

References

Adi Setyono, Y., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Fisika Kelas Viii Materi Gaya Ditinjau Dari Minat Baca Siswa 1. Jurnal Pendidikan Fisika.1, (1).

Nisa Muhammad, N., Mushawwir Taiyeb, A., & Asmawati Azis, A. (n.d.). Pengembangan Buku Saku Pada Materi Sistem Respirasi untuk SMA Kelas XI.B ologi, sains dan Pembelajarannya . 2 (1)

Alita, A.Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Pada Pembelajaran Al Qur'an Hadist di Mts Darul Huda Bandar Lampung. Pendidikan Agama Islam. Lampung

Fitriani, Y., Afrahamiryano, N., 2019. Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI(Uji Coba di SMAN 2 Lembang). EDJ ( Eduscience Development Journal ). In Journal (EDJ) .1 (1).

Irmayanti. (n.d.).2022. Penaruh Media Crossword Puzzle terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Klasifikasi Makhluh Hidup Kelas X SMAN 9 Makasar.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains. 1(1)

Lestari, Y., & Sb, N. S. (n.d.).2017. Development of Crossword Puzzles as Teaching Tools in Explanatory Texts Learning.75-82

Melyanti, S., & Ekonomi, P. (n.d.). 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbasis Mind Mapping Untuk Pembelajaran Ekonomi Kelas Xi. Pendidikan Ekonomi. Makasar

Mucharommah, S., Ami, E., & Susantini, R. (n.d.).2012. Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA/MA Kelas XI. bioedu. 1 (2)

Pratiwi, P., Anista, W., Prasetyo Utomo, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantu Media TTS dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6), 7–12.

Riduwan. (2019). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula Cet Ke 3,6). Bandung: Alfabeta.

Shinta, S., Aini, Q. 2013. Pocketbook As Media Of Learning To Improve Students’ Learning Motivation. In Jurnal Pendidikan Akuntansi: Vol. XI (2).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D ( 2nd ed). In Data Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Suryanda, A., Putri Azrai, E., & Julita, A. (2019). Validasi Ahli pada Pengembangan Buku Saku Biologi Berbasis Mind Map (BIOMAP). BIODIK, 5(3), 197–214.

Yetti Smpn, R. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 8 Smpn 15 Mukomuko. Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah.2(1).

Yulianti, E., & Andriyanto, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang IPA Terpadu Untuk Siswa Kelas VII SMPN 56 Merangin. BIODIK, 7(2), 153–162. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.10971

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Pengembangan Buku Saku Berorientasi Crossword Puzzle pada Materi Sistem Ekskresi untuk Kelas XI SMA. (2024). Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 5(1), 56-66. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v5i1.9179