Pengembangan Instrumen Science Process Skills (SPS) pada Mata Pelajaran Biologi Tingkat SMP
DOI:
https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i1.4795Keywords:
Pembelajaran biologi, Instrumen science process skills, science process skillsAbstract
Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan proses sains (SPS) adalah dengan memberikan siswa pertanyaan praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pertanyaan tentang keterampilan proses sains dan menggambarkan karakteristik instrumen yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian perkembangan menggunakan model prosedural yang diadaptasi dari Djaali dan Muljono. Langkah-langkah ini termasuk tahap sintesis teori, tahap desain (konstruksi variabel, pengembangan indikator pertanyaan, persiapan grid, membuat instrumen, penilaian), dan tahap evaluasi (uji validitas, uji keandalan, dan analisis item). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli, kuesioner penilaian praktisi, dan pertanyaan uji coba produk untuk 100 siswa. Hasil penilaian ahli dan praktisi penilaian diproses secara deskriptif. Hasil validitas empiris, yang merupakan data kuantitatif, diproses menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertanyaan yang dikembangkan valid berdasarkan validitas logis dan validitas empiris. Kalorikuasi keandalan menunjukkan kategori tinggi. Studi This menyimpulkan bahwa instrumen SPS yang dikembangkan layak untuk menilai kemampuan proses mata pelajaran biologi di level sekolah menengah pertama.