Analisis CRI (Certainly Response Index) Pembelajaran Online Parasitologi pada Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v2i2.4261Keywords:
CRI, Pembelajaran Online, ParasitologiAbstract
Pembelajaran berbasis teknologi di masa pandemic Covid-19 menghadapi banyak kendala dan tantangan. Akibatnya, desain dan strategi pembelajaran diharapkan efektif, efisien dan mampu memberdayakan kompetensi mahasiswa dengan tepat. Namun, tes pilihan ganda dalam bentuk kuis online juga memiliki beberapa kekurangan, misalnya, cukup sulit untuk menangkap tingkat konsep penguasaan mahasiswa secara lebih mendalam dan rinci. Oleh karena itu formulir evaluasi tes pilihan ganda online dapat dikembangkan dengan sistem dua tingkat, sehingga dapat menunjukkan tingkat pemahaman dan pemikiran mahasiswa lebih lanjut. Selain itu, kepastian indeks respons juga ditambahkan untuk menentukan tingkat kepercayaan mahasiswa terhadap jawaban yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman mahasiswa dengan Kepastian Indeks Respons (CRI) pada materi parasitologi menggunakan tes diagnostik online dua tingkat berdasarkan aplikasi ispring suite 8. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Subjeknya adalah mahamahasiswa IKIP Budi Utomo Malang 2018 A, dengan jumlah total 18 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat CRI mahasiswa cenderung rendah, jawaban dan alasan tidak benar dan terkait satu sama lain, sehingga tampaknya mahasiswa menjawab secara acak yang tidak dapat menunjukkan alasan logis yang berkaitan dengan jawaban. Beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya tingkat pemahaman mahasiswa dan CRI adalah karakteristik materi parasitologi yang abstrak dan sulit, ruang lingkup materi yang kompleks dan rumit, kemampuan awal mahasiswa, dan penggunaan sumber belajar yang tidak optimal.