Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Manusia
DOI:
https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v2i1.3388Keywords:
Model Pembelajaran Discovery, Keterampilan Proses Sains, Sistem Pernapasan ManusiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Way Kenanga dengan menggunakan model pembelajaran discovery. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Way Kenanga Tahun Pelajaran 2020/2021 sebanyak 25 siswa. Penelitan ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Kiteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran bologi di SMA Negeri 1 Way Kenanga adalah 67. Sebelum penelitian ini dilakukan, persentase kelulusan siswa dalam menjawab soal yang mengukur keterampilan proses sains hanya mencapai 60%. Setelah dilakukan dilakukan tindakan, hasil penelitian menunjukkan pada siklus 1 persentase keterampilan proses sains siswa yang mencapai KKM adalah 72 % meningkat pada siklus 2 menjadi 84%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Way Kenanga dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jadi, model pembelajaran discovery dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran materi pokok sistem pernapasan manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Way Kenanga.